Sukses

Wasit Liga Inggris Tertarik Pindah ke Liga Super Tiongkok

Liputan6.com, London - Wasit Liga Inggris, Mark Clattenburg ternyata berminat untuk pindah ke Liga Super Tiongkok. Namun ia mengaku tak ingin kepindahan itu terjadi dalam waktu dekat.

Liga Super Tiongkok terus melebarkan sayapnya ke Eropa. Tak hanya memburu bintang-bintang sepak bola yang bermain di Eropa, mereka juga berupaya menggaet wasit.

Federasi Sepak bola China (AFC) ingin mendatangkan Clattenburg untuk membenahi kompetisi Liga Super Tiongkok. Pasalnya, dalam beberapa tahun terakhir, Liga Super Tiongkok sering diterpa kabar tak sedap salah satunya adalah pengaturan skor.

"Tiongkok pastinya sedang mengembangkan sepak bola mereka. Jika kesempatan itu datang, saya masih terikat kontrak dengan Liga Inggris, tapi saya harus lihat karier saya dalam jangka waktu yang panjang. Berapa lama saya bisa menjadi wasit," kata Clattenburg seperti dilansir Telegraph.

Clattenburg mengatakan, andai dirinya ke Tiongkok, uang bukanlah alasan. Ia menegaskan, membantu kemajuan sepak bola adalah tujuan utama. Clattenbug pun mencontohkan apa yang telah dilakukan seniornya, Howard Webb di Arab Saudi.

"Uang tidak pernah jadi alasan bagi wasit. Ini adalah tentang melakukan sesuatu. Mungkin membantu perekrutan. Jika hal itu tidak terjadi sekarang, saya akan mencarinya suatu saat nanti, mirip seperti yang dilakukan Howard Webb di mana Anda membantu negara lain memajukan wasitnya," kata Clattenburg.

"Memiliki wasit yang bagus sangat penting. Tiongkok akan jadi pemain besar di masa depan. Jika mereka serius dengan kompetisinya, mereka harus punya peraturan yang tepat. Perwasitan adalah bagian besar dari sepak bola," ujar Clattenburg mengakhiri.