Sukses

5 Fakta tentang Neymar yang Belum Diketahui

Neymar pernah nyaris bergabung dengan Real Madrid saat berusia 14 tahun.

Liputan6.com, Jakarta - Neymar dinobatkan sebagai pesepak bola terbaik ketiga di dunia dalam penghargaan Ballon d'Or 2015. Dia juga disebut-sebut sebagai penerus legenda sepak bola Brasil, Pele.

Saat usianya masih remaja, Neymar sudah diminati sejumlah klub besar Eropa. Dia lalu memilih Barcelona saat memutuskan meninggalkan Brasil dan berkarier di Eropa mulai 2013.

Klub Catalan itu menjadi tempat yang tepat bagi pemain 24 tahun itu. Ia berkembang menjadi salah satu pesepak bola terbaik dunia. Pemain seperti Andres Iniesta dan Lionel Messi mengajarkannya menjadi pesepak bola profesional tingkat atas.

Namun, ada beberapa fakta tentang Neymar yang mungkin belum diketahui publik sepak bola. Berikut kelima fakta itu seperti dilansir Sports Keeda:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

5. Bertanggung Jawab atas Mundurnya Presiden Barcelona

Neymar mengatakan selalu bermimpi untuk bermain di Eropa. Mimpi itu menjadi kenyataan ketiga tiga klub besar Eropa, yakni Real Madrid, Barcelona, dan Chelsea berjuang untuk mendapatkan tanda tangannya pada 2013 lalu. Neymar akhirnya memilih Barcelona.

Neymar menandatangani kontrak lima tahun dengan biaya transfer awal 57,1 juta euro. Jumlah itu menjadi salah satu transfer paling mahal dari klub Amerika Selatan ke Eropa.

Namun, transfer itu tidak berakhir dengan baik. Pada 2014, ketika otoritas pajak Spanyol menilai proses transfer itu tak wajar. Kantor kejaksaan di Madrid menuntut semua dokumen transfer dibuka. Hasilnya, dokumen tersebut menyatakan biaya transfer Neymar dari Santor ke Barcelona senilai 86,2 juta euro.

Kasus ini membuat Presiden Barcelona Sandro Rosell mengundurkan diri. Posisinya digantikan Wakil Presiden Josep Maria Bartomeu.

3 dari 6 halaman

4. Membuat West Ham United Bermimpi

Performa luar biasa Neymar saat masih remaja ternyata sudah menarik banyak minat sejumlah klub Eropa. Namun, sejumlah klub besar membiarkan Neymar berkembang di Santos untuk beberapa waktu.

Namun, tidak demikian West Ham United. Klub Inggris menjadi yang pertama mengajukan tawaran ketika Neymar berusia 16 tahun. West Ham begitu yakin dengan bakat Neymar dengan mengajukan tawaran 12 juta pound.

Akan tetapi, Santor menolak tawaran tersebut. West Ham pun harus mengubur mimpi mereka mendapatkan bintang Brasil itu.

4 dari 6 halaman

3. Mencetak Gol ke-100 di Hari Ulang Tahun ke-20

Naluri Neymar dalam urusan mencetak gol tak perlu diragukan lagi. Dia begitu percaya diri di depan gawang ketika bola berada di kakinya.

Tidak heran, jika Neymar mampu mencetak 100 gol beberapa jam setelah merayakan ulang tahunnya yang ke-20. Torehan itu sudah cukup bukti bahwa Neymar merupakan pemain berbakat.

Di musim 2012, Neymar mencetak 20 gol untuk Santos dan membantu klub tersebut memenangkan trofi Liga Serie Brasileiro. Tak hanya itu, ia dianugerahi gelar Pemain Terbaik dan Penyerang Terbaik.

5 dari 6 halaman

2. Satu-satunya Pemain Brasil di Sampul Majalah Time

Pada Maret 2012, majalah Time memilih Neymar sebagai cover depan dengan tulisan The Next Pele. Hal itu menjadikan Neymar sebagai atlet Brasil pertama yang menjadi sampul majalan bergengsi itu.

Menjadikan pesepak bola 20 tahun di sampul majalah terkenal tentu bukan keputusan sembarangan. Hal itu membuat Neymar menjadi pemain yang harus diwaspadai.

Setahun kemudian, Neymar diminati tiga klub besar Eropa, yakni Barcelona, Real Madrid, dan Chelsea. Dia akhirnya memilih Barcelona sebagai klub barunya untuk mengikuti pemain-pemain hebat seperti Messi.

6 dari 6 halaman

1. Hampir Bergabung dengan Real Madrid di Usia 14 Tahun

Real Madrid pernah menawarkan Neymar untuk bergabung pada akademi mereka di Spanyol. Neymar saat itu masih berusia 14 tahun.

Ketika itu, Madrid sudah bertaburan pemain bintang seperti Ronaldo, Zinedine Zidane, David Beckham, dan Robindho. Neymar dan orangtuanya lalu terbang ke Spanyol atas permintaan Madrid.

Neymar tinggal selama 19 hari dan mencetak 27 gol di semua pertandingan. Madrid pun yakin atas bakatnya dan menawarkan kontrak. Namun, orangtua Neymar tidak yakin anaknya akan tumbuh dewasa di negara orang.

"Kami dari keluarga sederhana dan dalam keluarga sederhana selalu ada pertanyaan dari nilai-nilai budaya. Kami pikir ia harus tumbuh di Brazil. Itu adalah pilihan serius pertama yang kami harus membuat," kata Neymar Senior, ayah Neymar.

Neymar pun kembali Brasil dan akhirnya bergabung dengan Santos.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Neymar da Silva Santos Júnior adalah pesepak bola profesional Brazil yang bermain di klub Spanyol FC Barcelona dan tim nasional Brazil.
    Neymar da Silva Santos Júnior adalah pesepak bola profesional Brazil yang bermain di klub Spanyol FC Barcelona dan tim nasional Brazil.

    Neymar Jr

  • Barcelona adalah salah satu klub besar dunia yang bermain di La Liga Spanyol
    Semua berita tim, statistik tim, transfer pemain dan lainnya mengenai FC Barcelona yang memiliki julukan Barça

    Barcelona