Sukses

Drama 2 Gol Balasan Cepat, MU Bungkam Middlesbrough

MU kini sudah 12 laga tak terkalahkan di semua kompetisi.

Liputan6.com, Manchester - Manchester United (MU) melewati pertarungan sengit melawan Middlesbrough di Old Trafford, Sabtu (31/12/2016). Sempat tertinggal, MU memenangkan laga pekan ke-19 Liga Inggris 2016/2017 tersebut dengan skor 2-1.

Kemenangan MU ditentukan dengan dua gol balasan cepat yang tercipta di lima menit terakhir waktu normal. Adalah Anthony Martial dan Paul Pogba yang menjadi pahlawan kemenangan The Red Devils.

Berstatus tuan rumah, MU langsung memainkan tempo perainan cepat untuk mengancam pertahanan Middlesbrough. Laga baru berjalan tiga menit, Ander Herrera langsung mendapatkan kesempatan. Sayang, keputusannya untuk tak mengoper bola malah menghasilkan upaya yang sia-sia.

Marouane Fellaini yang baru kembali dimainkan sebagai starter juga langsung mengancam. Ia melanjutkan bola sepak pojok Henrikh Mkhitaryan dengan tandukannya. Sayang, sundulan mantan pemain Everton itu masih mudah ditangkap kiper Victor Valdes.

Laga memasuki menit ke-14, MU nyaris membuka keungulan. Berawal dari umpan Anthony Martial, Mkhitaryan mengirimkan umpan sundulan kepada Paul Pogba. Sayang, bola tendangan salto Pogba masih membentur tiang kanan gawang Valdes.

MU masih terus mendominasi penguasaan bola. Bahkan, Martial nyaris mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-30. Menerima umpan Sayang, meski mendapatkan peluang lewat umpan Mkhitaryan, bola yang diteruskan Martial masih mampu dihentikan Valdes.

Gawang kawalan Valdes akhirnya bergetar di menit ke-38. Zlatan Ibrahimovic sukses memaksimalkan umpan Martial. Sayang, gol tersebut dianulir karena wasit Lee Mason menilai Ibrahimovic mengangkat kaki terlalu tinggi.

Hingga pertandingan babak pertama berakhir, situasi tetap tak berubah. Kedua tim pun terpaksa mengakhiri duel babak pertama dengan skor 0-0.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Babak Kedua



Memasuki babak kedua, kedua pelatih sama-sama belum mau melakukan perubahan. Untuk Mourinho, ia masih mempercayai komposisi pemainnya di babak pertama. Keputusan itu membuat daya serang MU tak berkurang.

Zlatan Ibrahimovic, penyerang Manchester United (MU), memprotes keputusan wasit yang menganulir golnya ke gawang Middlesbrough. (Reuters/Jason Cairnduff)

Bahkan, mereka kembali nyaris memecahkan kebuntuan di menit ke-53 lewat kolaborasi Pogba, Ibrahimovic, dan Mkhitaryan. Sayang, Mkhitaryan masuk perangkap offside dan telat saat akan menyodok bola operan Ibrahimovic.

Tak mau kalah, tim asuhan Aitor Karanka juga mengancam pertahanan MU lewat kolaborasi Alvaro Negredo dan Adam Forshaw di menit ke-55. Sial bagi Middlesbrough, bola hasil upaya yang dilakukan Forshaw masih sedikit melenceng di sisi gawang David De Gea.

Tak kunjung mencetak gol membuat MU mulai menunjukkan tanda-tanda frustrasi. Salah satu buktinya adalah tendangan jarak jauh yang dilepaskan Herrera di menit ke-59. Hasilnya, bola tendangannya masih sangat jauh dari sasaran.

Melihat situasi tersebut, Mourinho pun melakukan dua pergantian sekaligus di menit ke-64. Marcos Rojo dimainkan untuk menggantikan Daley Blind. Dan, Fellaini juga ditarik keluar untuk digantikan Juan Mata. Sayang, MU kalah kecolongan di menit ke-67.

3 dari 3 halaman

Aksi Balasan MU



Adalah Grant Leadbitter yang sukses memaksa De Gea memungut bola dari gawangnya sendiri. Leadbitter sukses memaksimalkan celah di pertahanan MU saat menyambut umpan sundulan Negredo. Tentu, gol itu membuat MU sedikit terkejut karena mampu mendominasi permainan sejak awal.

Untuk menambah daya gedor, Mourinho pun melakukan perjudian dengan menarik Chris Smalling dan memasukkan Marcus Rashford di menit ke-72. Tak butuh waktu lama bagi Rashford untuk mengancam gawang Middlesbrough.

Sempat melewati tiga pemain, Rashford mengirimkan umpan mendatar cepat dari sisi kanan gawang Middlesbrough. Sayang, tak ada pemain MU yang menyambut operan Rashford. Di menit ke-78, Rashford kembali menunjukkan kebolehannya.

Pergerakan pemain berusia 19 tahun itu memaksa Bernardo Espinosa melakukan sedikit ganjalan kepadanya. Namun, wasit tak menganggap hal tersebut sebagai sebuah pelanggaran karena tak ada kontak berlebihan yang dilakukan Espinosa.

Memasuki 10 menit terakhir, drama pun terjadi. Di menit ke-85, mereka sukses menyamakan skor lewat gol Martial yang memaksimalkan assist Ibrahimovic. Tak sampai semenit, giliran Pogba yang mencetak gol penentu kemenangan MU usai menyundul bola crossing Mata.

Proses gol penyeimbang Manchester United (MU) ke gawang Middlesbrough yang dicetak Anthony Martial. (Reuters / Jason Cairnduff)


Hingga akhir laga, keunggulan 2-1 MU tak berubah hingga pertandingan berakhir. Sayang, tambahan tiga poin belum membuat MU mampu menggeser Tottenham Hotspur di urutan kelima. Kini, MU dan Tottenham hanya dipisahkan selisih gol.

MU (4-3-3): De Gea; Smalling (Rashford 72), Bailly, Valencia, Fellaini (Mata 64), Mkhitaryan, Blind (Rojo 64), Herrera, Pogba, Ibrahimovic, Martial

Middlesbrough (4-3-3): Valdes; Friend, Espinosa, Gibson, Chambers, Downing (Ramirez 63), Leadbitter (Clayton 78), Forshaw, De Roon, Traore (Fabio 82), Negredo

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • MU merupakan akronim dari Manchester United, klub yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Permier League.

    MU

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • Tim sepak bola profesional yang berasal dari Inggris
    Tim sepak bola profesional yang berasal dari Inggris

    Middlesbrough

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris

Video Terkini