Sukses

Success Pancing Ilmu Hitam

Isaac Success mengaku menjadi korban praktik ilmu hitam.

Liputan6.com, London - Bukan akibat ketatnya persaingan Liga Inggris atau rapuhnya tubuh. Penyerang Watford Isaac Success menyalahkan ilmu hitam sebagai penyebab keterpurukannya di Vicarage Road.

Pemain berusia 20 tahun tersebut menyebut dukun juju sudah menghambat perkembangan kariernya. Success berpandangan demikian setelah hanya sekali menjadi starter pada Liga Inggris. Dia lebih sering menyaksikan pertandingan dari bangku cadangan atau ruang perawatan.

"Orang dekat Success mulai berpikir ada yang tidak suka dengan keberhasilannya. Oknum kemudian menyerangnya dengan ilmu hitam," kata sumber yang dekat dengan keluarga, dilansir African Football.

Success sempat menjadi pemain termahal sepanjang masa Watford ketika dibeli dari Granada senilai 12,5 juta pounds, Juli 2016. Status tersebut kini dimiliki Roberto Pereyra yang direkrut 13 juta pounds satu bulan kemudian.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cetak Gol Sehabis Ritual

Moussa Camara mempraktikkan ritual ilmu hitam sebelum mencetak gol (The Sun).

Success bukanlah satu-satunya pemain Liga Inggris yang terlibat ilmu hitam. Emmanuel Adebayor, Brown Ideye, dan Max Gradel adalah beberapa pemain yang mengaku pernah bersinggungan dengan dukun juju.

"Mereka mungkin merasakan dampak positif. Tapi untuk jangka panjang mereka akan sengsara. Dukun juju memiliki banyak pengaruh dan ilmu hitam itu jebakan," kata Ideye.

Ilmu hitam masih sering dipraktikkan di Afrika. Desember 2016, Asosiasi Sepak Bola Rwanda (FERWAFA) menghukum Moussa Camara karena melakukan ritual di tiang gawang. Penyerang Mukura itu kemudian mencetak gol beberapa menit berselang.

"Kami tidak memiliki peraturan tentang ilmu hitam karena praktik itu belum terbukti memengaruhi hasil pertandingan. Namun, kericuhan antarpemain yang meledak sehabis tindakan Camara memaksa kami bertindak," kata Wakil Presiden FERWAFA Vedasite Kayiranga, dikutip The Sun. (Harley Ikhsan)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris

  • Klub sepak bola asal Inggris yang identik dengan seragam berwarna kuning hitamnya.
    Klub sepak bola asal Inggris yang identik dengan seragam berwarna kuning hitamnya.

    watford fc

  • Dukun

Video Terkini