Sukses

3 Pelatih Asing yang Sukses Bersama Timnas Indonesia

Timnas Indonesia cukup sering memakai jasa pelatih asing.

Liputan6.com, Jakarta- Timnas Indonesia saat ini tengah mencari pelatih usai pagelaran Piala AFF 2016. Diprediksi, PSSI kembali akan menunjuk pelatih asing untuk timnas senior.

Skuat Garuda bisa dibilang memang sering dikomandoi pelatih asing. Mulai dari Antonio Polosin, Wim Rijsbergen, sampai Jacksen F Tiago.

Namun demikian, tak semua pelatih itu sukses. Hanya ada beberapa nama yang bisa dibilang cukup bertangan dingin bersama Timnas Indonesia.

Siapa saja mereka? Berikut Liputan6.com coba sajikan:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Alfred Riedl

Alfred Riedl

Riedl bisa dibilang jadi pelatih asing tersukses bersama Skuat Garuda. Tak ada gelar memang yang bisa dipersembahkannya.

Akan tetapi, pelatih asal Austria itu sukses mengantarkan Indonesia dua kali menyentuh babak final. Dalam tiga periodenya menangani tim di Piala AFF, Riedl berarti hanya sekali gagal membawa Indonesia ke partai puncak, yakni 2014 lalu.

Namun yang paling diingat adalah gelaran 2016 lalu. Ya, punya persiapan mepet, sampai hanya dibolehkan memakai dua pemain per klub menjadi rintangan sebenarnya. Tetapi, itu bisa di atasi oleh Riedl.

Kini, sang pelatih kembali masuk dalam bursa pelatih timnas Indonesia. Cukup menarik dinantikan apakah dia akan dipertahankan PSSI atau tidak. Sebab, beberapa waktu lalu, Riedl sendiri pernah mengutarakan niat untuk pensiun.

3 dari 4 halaman

Ivan Venkov Kolev

Ivan Venkov Kolev

Nama Ivan Kolev bisa dibilang masih hangat dalam iingatan pencinta sepak bola Tanah Air. Sebab, dia membawa Indonesia lolos ke putaran final Piala Asia 2004.

Tentu, lolosnya Indonesia kala itu jadi sejarah. Sebab, dia membawa Skuat Garuda lolos kualifikasi melalui pertandingan yang digelar di luar Indonesia.

Selain itu, pelatih yang pernah menangani Persija Jakarta itu juga mencatatkan rekor setelah mampu membawa Indonesia meraih kemenangan pertama di Piala Asia sepanjang sejarah saat melawan Qatar 2-1 di Tiongkok.

Selain 2004, Kolev juga dipercaya tangani Skuat Garuda pada Piala Asia 2007. Bergabung bersama grup berat macam Arab Saudi, Bahrain, dan Korea Selatan, Indonesia bersama Kolev kembali mengejutkan.

Mereka sukses mengalahkan 2-1 Bahrain, nyaris menahan imbang Arab Saudi, dan beri perlawanan berat Korsel. Namun, dewi fortuna masih belum mau hinggap hingga akhirnya Ellie Aiboy cs gagal melangkah ke babak selanjutnya.

4 dari 4 halaman

Peter Withe

Peter Withe

Peter Withe juga jdi pelatih yang lumayan diingat oleh publik Tanah Air. Sebab, dialah yang mengusung formasi 4-4-2 pertama bagi timnas Indonesia.

Pelatih asal Inggris ini pertama kali menangani Indonesia pada Piala Tiger 2004. Kala itu, Indonesia bergabung di Grup A bersama Vietnam, Singapura, Kamboja dan Laos. Hasilnya positif, bersama Ilham Jaya Kusuma, Withe bawa Garuda perkasa.

Menang 6-0 versus Laos, 3-0 lawan Vietnam, 8-0 kontra Kamboja, serta tahan imbang dengan skor kacamata Singapura, bikin publik Indonesia berharap banyak. Apalagi, kala itu Thailand yang jadi lawan terberat gagal lolos ke semifinal.

Pada semifinal, Indonesia sukses membungkam Malaysia dengan dua leg total 6-2. Sayang, di final Indonesia gagal melawan Singapura setelah kalah 1-3 dan 1-2 di final.

Dia dipecat oleh PSSI setelah gagal total pada Piala AFF 2006. Namun, fomasi warisannya 4-4-2 sangat berarti di Indonesia.

I. Eka Setiawan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini