Sukses

Value Skuad Chelsea Merosot

Wajah Roman Abramovich semakin cemberut. Laporan finansial terbaru Chelsea menyebutkan value skuad menurun 40 juta pound dibanding setahun sebelumnya. Sementara, total gaji pemain justru merangkak naik.

Liputan6.com, London: Wajah Roman Abaramovich, pemilik klub Chelsea dipastikan kian cemberut. Laporan finansial klub yang terbaru menyebutkan jika value skuad The Blues menurun 40 juta pound dibandingkan nilai yang didapat setahun sebelumnya. Sementara, total gaji pemain justru merangkak naik, menjadi 142,6 juta pound, rekor tertinggi sepanjang sejarah persepakbolaan Inggris.

Dalam laporan tersebut, per 30 Juni 2009, yang dikirimkan ke Companies House pekan lalu, dewan direksi menilai nilai value skuad Chelsea berjumlah 247,5 juta pound. Jumlah itu berdasarkan kalkulasi perkiraan bandrol pemain di bursa transfer. Hal itu merupakan penurunan dibanding value skuad setahun sebelumnya yang mencapai 287,1 juta pound.

Kondisi itu diyakini membuat Abramovich kian konsen dengan kondisi keuangan klub yang semula ditargetkan bakal "swasembada" di akhir 2010. Menurut beberapa sumber Abramovich memang cemberut melihat laporan tersebut, terutama ketika melihat besarnya jumlah fulus yang harus dibayarkan klub untuk membayar gaji John Terry dkk.

Lebih jauh, Abramovich diyakini akan meminta dewan direksi untuk terlebih dahulu melego sejumlah pemain sebagai tambahan modal belanja pemain Carlo Ancelotti di bursa transfer musim panas mendatang. Kondisi finansial yang jauh dari kata kecukupan ini disinyalir menjadi alasan utama di balik buntunya proses negosiasi perpanjangan kontrak dua gelandang The Blues, Michael Ballack dan Joe Cole.

Sejatinya, total gaji pemain Chelsea pada 2009 mencapai jumlah 155,2 juta pound. Namun, dari jumlah sebesar itu terselip fee kompensasi pemutusan hubungan kerja Luiz Felipe Scolari pada Februari 2009 sebesar 12,6 juta pound. Setahun sebelumnya, total gaji itu mencapai 160,6 juta pound. Tapi, lagi-lagi jumlah itu dipengaruhi besaran dana “terima kasih” kepada Jose Mourinho, Avram Grant, dan para sfatnya yang mencapai 23,1 juta pound. Artinya, selama dua tahun terakhir, Chelsea harus merogoh kas klub sebesar 35,7 juta pound sebagai ongkos pemecatan para manajernya.(MEG/The Times)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.