Sukses

Membongkar Statistik Striker Muda Ajax Berdarah Indonesia

Ezra Walian membela Ajax Amsterdam U-21 atau Jong Ajx dan ingin perkuat Timnas Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Nama Ezra Walian belakangan terus muncul menyusul keinginannya menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Ezra kini diketahui bermain untuk Ajax Amsterdam U-21 atau Jong Ajax dan berhasrat membela Timnas Indonesia.

Ezra memiliki darah Indonesia dari sang ayah, yang berasal dari Manado, sedangkan sang ibu dari Belanda. Saat libur akhir tahun lalu, Ezra menyempatkan diri datang ke Indonesia, dan berkunjung ke Manado.

Anak dari pasangan Glenn Walian dan Linda Bos itu musim lalu tampil cukup mengesankan bersama Ajax U-19. Ezra menyarangkan empat gol dan satu assist dari 12 penampilan bersama Ajax U-19 dan fakta itu yang membuatnya promosi ke Ajax U-21.

Usianya kini baru 19 tahun, namun dia memiliki pengalaman bersama Timnas Belanda di level usia muda. Timnas Belanda U-15, U-16, dan U-17 tercatat pernah Ezra bela.

Dari catatan bersama Timnas usia muda Belanda, Ezra membuat tujuh penampilan dan menyarangkan delapan gol. Penampilannya yang tak terlupakan yakni ketika Ezra mencetak lima gol ke gawang San Marino pada pertandingan Kualifikasi Piala Eropa U-17 pada 2014.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bermain di Kompetisi Eerste Divisie

Jong Ajax, klub yang diperkuat Ezra saat ini bermain di kompetisi Eerste Divisie atau Divisi 2 Liga Belanda. Ezra sendiri beberapa kali tampil sebagai starter bersama Jong Ajax.

Seperti dilansir Transfer Mrkt, Ezra memang belum banyak menjadi pilihan utama bersama Jong Ajax. Dari total 19 pertandingan yang telah dilakoni Jong Ajax sejauh musim ini, Ezra bermain sebanyak tujuh kali, lima di antaranya sebagai starter.

Berposisi sebagai striker, belum satu pun gol yang bisa dicetak Ezra sejauh ini bersama Jong Ajax dari 380 menit bermain musim ini. Ezra juga baru menyumbang satu assist.

Ezra sudah mengutarakan hasratnya membela Timnas Indonesia, sehingga dia perlu proses naturalisasi. Sekarang, tergantung PSSI dan Pemerintah, bagaimana menilai Ezra sebagai pemain yang patut dinaturalisasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini