Sukses

Belanda Lumat Hungaria

Belanda memetik hasil memuaskan dalam partai pemanasan terakhir sebelum Piala Dunia 2010. Tim Oranye melumat Hungaria 6-1 (1-1) di Amsterdam ArenA.

Liputan6.com, Amsterdam: Belanda memetika hasil memuaskan dalam partai pemanasan terakhirnya sebelum berlaga di Piala Dunia 2010. Tim besutan Bert van Marwijk melumat Hungaria 6-1 di Amsterdam ArenA, Sabtu (5/6).

Pendukung Belanda dikejutkan oleh gol cepat Hungaria pada menit keenam melalui gol Balasz Dzudzsak yang memanfaatkan keroposnya lini pertahanan lawan. Namun Belanda menyamakan kedudukan pada menit ke-22 melalui tembakan kaki kiri Robin van Persie yang meneruskan umpan Dirk Kuyt.

Untuk menambah daya gedor Van Marwijk memasukkan Arjen Robben di pergantian babak. Benar saja, masuknya Robben membuat gawang Hungaria yang dikawal Marton Fulop banyak mendapat ancaman. Akhirnya pada menit ke-56 Belanda memimpin ketika Wesley Sneijder menuntaskan umpan Giovanni van Bronckhorst dari sayap kiri.

“Tim Oranye” di atas angin. Selang delapan menit Robben menggandakan keunggulan yang sekali lagi berkat umpan Van Bronckhorst. Mark van Bommel menambah kemenangan jadi 4-1 pada menit ke-71. Tapi gol terbaik di pertandingan tersebut pantas disematkan buat gol kelima Belanda yang dibukukan Eljero Elija.

Dua menit masuk lapangan pemain sayap kiri itu menusuk melewati tiga pemain lawan sebelum melepaskan tembakan yang terukur untuk membawa Belanda unggul 5-1 pada menit ke-75. Gol penutup kemenangan telak Belanda diciptakan Robben pada menit ke-78 sebelum ditarik keluar lima menit sebelum bubaran akibat cedera.

Kemenangan ini menutup torehan mengesankan Belanda dalam partai pemanasan yang sebelumnya menundukkan Meksiko 2-1 dan Ghana 4-1. Rekor tanpa terkalahkan mereka pun bertambah panjang jadi 18 pertandingan.

Susunan pemain:
Belanda: Stekelenburg, Van der Wiel, Heitinga (Ooijer 61), Mathijsen, Van Bronckhorst (De Zeeuw 78), Van Bommel, Kuyt (Robben 46), De Jong, Van Persie (Huntelaar 68), Sneijder (Elia 73), Van der Vaart (Afellay 78).
Hungaria: Fulop, Bodnar (Laczko 75), Vanczak, Juhasz, Szelesi, Bodor, Dzudzsak, Horvath (Vadocz 78), Torghelle (Elek 58), Priskin, Huszti (Lazok 68).
(DIM)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.