Sukses

4 Mantan Bintang Asing Terbaik Persib 10 Tahun Terakhir

Makan Konate sempat diisukan bakal kembali memperkuat Persib.

Liputan6.com, Bandung - Persib Bandung punya sejarah yang panjang di sepak bola Indonesia. Beberapa mantan pemainnya pernah sukses mengukir prestasi untuk tim asal kota Kembang itu.

Tim Maung Bandung sendiri belakangan juga tampil cukup apik. Mereka sukses menjadi juara ISL 2014 dan Piala Presiden 2015.

Selain memiliki pemain-pemain lokal dengan bakat jempolan, Persib juga kerap diperkuat pemain asing dengan teknis di atas rata-rata. Tak jarang, mereka jadi penentu dalam cerit sukses Persib.

Salah satu pemainnya, Makan Konate masuk dalam kandidat mantan pemain terbaik. Tapi, tak hanya Konate, beberapa pemain asing juga pernah menoreh sukses saat membela Persib.

Lantas siapa saja mereka? Berikut Liputan6.com sajikan:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Makan Konate

Konate memang belum bisa sepenuhnya dilupakan oleh Bobotoh. Sebelum hijrah ke klub Mayalsia, T-Team, dia sukses mengantarkan Maung Bandung juara Indonesia Super League 2014 dan Piala Presiden.

Makan Konate (kanan). (Liputan6.com/Yoppy Renato)
Dia jadi salah satu sosok yang berperan besar dalam gelar juara Persib. Jadi pemain tersubur dengan 13 gol menjadi bukti sahih bagi Gelandang asal Mali tersebut.

Beberapa waktu, dia bersama T-Team sempat menggelar tur ke Bandung. Fakta itu membuat isu yang menyebut Konate bakal ke Persib jadi semakin liar.

3 dari 5 halaman

Miljan Radovic

Gelandang serang asal Montenegro, Miljan Radovic bergabung dengan Persib saat usianya sudah berusia 35 tahun pada 2011/12. Namun begitu, bukan berarti kemampuannya telah habis.

Miljan Radovic (Istimewa)
Radovic bahkan langsung menjelma menjadi playmaker andalan Persib. Dia juga punya kemampuan khusus dalam mengeksekusi bola mati sehingga kerap dijuluki sebagai raja tendangan bebas.

Radovic juga sempat jadi top scorer Maung Bandung pada musim 2011/12. Ketika dia berhasil mencetak 16 gol dari 47 penampilan.

4 dari 5 halaman

Kosin Hathairattanakool

Persib pernah merasakan jasa kiper timnas Thailand ini selama dua musim, yakni 2006 sampai 2008. Musim pertamanya pada tahun 2006 saat masih berlabel kiper timnas Thailand U-23.

Pada musim pertamanya mentas di Liga Indonesia, kiper dengan rambut gondrong sebahu itu telah menjadi pujaan bobotoh. Meski, prestasi tim yang dibelanya jauh dari harapan.
Kosin Hathairattanakool saat ini membela  Suphanburi FC di Liga Thailand. (Facebook/Suphanburi FC)
Pada tahun tersebut, Kosin sering menepi karena cedera. Dia juga pernah mengenakan ban kapten saat Charis Yulianto dan Antonio Claudio tidak sanggup menahan tekanan dari bobotoh dan internal tim.

Kemudian kembali ke negaranya dan bergabung bersama Suchao dengan nama yang berbeda, yaitu Sinthaweechai Hathairattanakool.

5 dari 5 halaman

Christian Bekamenga

Bekamenga sendiri merupakan mantan penyerang terbaik yang pernah dimiliki Persib. Bekamenga merupakan top scorer Persib pada 2007 silam. Itu setela dia mengemas 17 gol hanya dalam 20 penampilan.
Christian Bekamenga saat membela Kamerun di Olimpiade 2008. (AFP)
Tetapi yang paling diingat kala dia meembobol gawang Persija sebanyak 2 gol pada saat Persib memang 30 kala itu. Namun sayang, dia cabut dari Persib dengan memori buruk, yakni pergi tanpa izin.

Bekamenga saat ini bermain di klub Liga Turki, Balıkesirspor. Bekamenga juga sempat membela timnas Kamerun, junior dan senior.

(I. Eka Setiawan)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.