Sukses

Tujuh Patung Pemain Sepak Bola yang Paling Terkenal

Liputan6.com, Jakarta Kesetiaan pemain sepak bola terhadap klub yang dibelanya tidak melulu harus dihargai dengan materi. Loyalitas para pemain juga tidak jarang dibalas dengan membangun patung bagi pemain yang bersangkutan.

Tidak hanya bagi para pemain yang sudah pensiun, sebagian patung justru milik pemain yang masih aktif.

Selain klub, pembangunan patung juga tidak jarang digagas oleh federasi sepak bola. Ini untuk menghargai jasa pemainnya yang telah memberi sumbangsih besar terhadap sepak bola bagi negaranya.

Sebut saja, Zlatan Ibrahimovic yang saat ini memperkuat Manchester United. Meski belum gantung sepatu, Asosiasi Sepak Bola Swedia telah membangun patung bagi mantan pemain Paris Saint Germain (PSG) itu. 

Belum lama ini, Ibrahimovic dengan bangga memamerkan proses pembangunan patung tersebut. Patung ini sengaja dibangun sebagai penghargaan terhadap Ibra yang ikut memajukan persepak bolaan di negaranya.

Ya, Ibra memang pemain tersukses dalam sejarah sepak bola Swedia. Mantan pemain Barcelona, AC Milan, Inter Milan, Ajax, Malmo, Juventus dan PSG itu telah memenangkan Swedia Golden Ball dalam 10 tahun terakhir berturut-turut. Dia juga telah mengoleksi berbagai gelar bersama klub-klub yang dibelanya.

Selain Ibra, masih banyak pemain lain yang juga diabadikan lewat pembangunan patung. Berikut ini, enam di antaranya:

1 dari 4 halaman

Klub Liga Inggris

1. Bill Shankly - Anfield
Liverpool memiliki banyak legenda tapi ada satu orang yang paling menonjol, yakni Bill Shankly. Anda dapat berbicara dari Kenny Daglish, Steven Gerrard dan Michael Owen tetapi The Kop nyata akan memberitahu Anda soal pelatih legendaris dicapai di klub, yakni Bill Shankly.

Bersama Shankly, total Liverpool meraih 11 gelar dari 1959 sampai 1974. Tentu yang paling diingat kalau Liverpool sukses meraih EUFA Cup pada 1972 lalu.

2. Bobby Moore - Stadion Wembley
Bobby Moore merupakan pesepak bola yang bermain untuk West Ham United dan tim nasional Inggris. Moore adalah kapten yang membawa The Three Lions menjuarai Piala Dunia 1966.

Patung yang dibuat oleh Philip Jackson ini mulai dikerjakan pada 2005 dan selesai pada  2007. Patung setinggi 6,1 meter ini diletakkan di pintu masuk utara Stadion Wembley.

3. Thierry Henry - Stadion Emirates
Thierry Henry adalah satu di antara pemain favorit para suporter Arsenal. Mantan pemain yang berposisi sebagai penyerang ini merupakan pencetak gol terbanyak untuk Arsenal dengan catatan 226 gol.

Patung Henry yang merupakan karya Margot Roulleau-Gallais dan Ian Lander ini, dipamerkan kali pertama saat perayaan 125 tahun klub pada Desember 2011 di komplek Stadion Emirates.

2 dari 4 halaman

Ronaldo dan Lionel Messi

4. Lionel Messi - Buenos Aires
Patung kapten Argentina, Lionel Messi, berdiri gagah di kota Buenos Aires. Penghormatan untuk ikon FC Barcelona ini merupakan bagian dari kampanye "Don't Leave" alias 'Jangan Pergi' dari seluruh pendukung La Albiceleste, julukan Argentina.

Keberadaan patung Messi di jalan utama Buenos Aires melengkapi patung-patung dari beberapa atlet terkenal lainnya, seperti Emanuel Ginobili, Luciana Aymar, Juan Manuel Fangio, dan Hugo Porta.

5. Cristiano Ronaldo - Madeira, Portugal
Cristiano Ronaldo lahir dan tumbuh di Kota Madeira, Portugal. Tidak ada yang menyangka kalau Ronaldo akan menjadi bintang besar yang turut membawa nama Madeira secara global. Untuk menghormati Ronaldo, sebuah patung yang dibuat oleh Ricardo Madeira veloso dirilis pada 21 Desember 2014.

Namun patung tersebut pernah menjadi obyek vandalisme oleh penggemar Lionel Messi. Saat ini patungnya dipindahkan ke dalam museum Cristiano Ronaldo yang juga terletak di Kota Madeira

3 dari 4 halaman

Trio Old Trafford

Tercatat dalam sejarah The Red Devils pada tahun 1960an terdapat sejumlah nama pemain legendaris yang telah berjasa besar mengharumkan nama klub tersebut dengan dedikasinya sejak bergabung di Old Trafford. George Best, Sir Bobby Charlton dan Denis Law adalah tiga nama yang selalu diingat oleh para pendukung MU di era tersebut.

Jasa trio tersebut antara lain adalah sukses membawa MU meraih dua gelar Liga Inggris dan European Cup – sekarang menjadi Liga Champions – pada tahun 1968 yang pertama diraih oleh klub Inggris. Secara keseluruhan ketiga pemain legendaris tersebut telah bermain sebanyak 1633 pertandingan dan 665 gol untuk The Red Devils.


I. Eka Setiawan

Artikel Selanjutnya
Klub-klub yang Mustahil Tampung Ronaldo
Artikel Selanjutnya
Tolak Tawaran 35 Juta Euro, Barcelona Pertahankan Andre Gomes