Sukses

Rossi dan Marquez Adu Kecepatan di Sirkuit Palembang Akhir 2018

Liputan6.com, Palembang - Pembalap MotoGP Valentino Rossi dan Marc Marquez rencananya secara resmi akan beradu kecepatan dalam seri yang digelar di Sirkuit Palembang pada akhir 2018 mendatang. Kepastian ini diungkapkan Sekjen Ikatan Motor Indonesia (IMI) Jeffrey JP disela sela pelantikan Pengprov IMI Bengkulu, Jumat 7 Januari 2017.

Jika tidak ada aral melintang, pada tanggal 26 dan 27 Januari mendatang, akan dilakukan take over tender pembangunan sirkuit yang menelan dana hingga Rp 500 miliar. Selain itu akan diserahkan pula Master Plan oleh tim Herman Tilke yang berpengalaman dalam pembangunan sirkuit dan direkomendasikan oleh Federasi Internasional Mottosport (FIM). 
 
 
Penunjukan Palembang sebagai kota penyelenggara seri MotoGP 2018 dilakukan saat Presiden Joko Widodo menggelar pertemuan dengan seluruh Gubernur se Indonesia. Saat itu, presiden menanyakan siapa yang bersedia menjadi penyelenggara MotoGP, dan Gubernur Sumatra Selatan Alex Noordin mengacungkan telunjuk dan langsung disetujui.
 
Menurut Jeffrey, proses administrasi, legalitas dan persiapan infrastruktur terus dilakukan. Lahan yang disiapkan Pemprov Sumsel seluas 150 hektare terletak di dalam kawasan pusat olahraga Jakabaring Palembang dengan menyiapkan pembangunan sirkuit Grade A dan B.
 
Selain untuk digunakan dalam perhelatan MotoGP 2018, sirkuit Palembang ini juga disiapkan untuk gelaran lomba Formula 1.
Awal tahun hingga pertengahan 2017 ini merupakan perampungan persiapan Master Plan dan mematangkan Desain Engginering Detail (DED). Pembangunan fisik sendiri akan dilakukan pada akhir tahun 2017 ini dengan pengawasan yang sangat ketat oleh FIM dan FIA sebagai pemegang otoritas penyelenggara MotoGP dan Formula 1.  
1 dari 2 halaman

 
Seri MotoGP yang digelar di Palembang pada akhir tahun 2018 ini, merupakan regulasi dan jadwal yang akan ditetapkan oleh FIM. Sebab, pada seri putaran awal, menurut jadwal tetap MotoGP akan dihelat di Benua Eropa dan sekitarnya, untuk Indonesia akan mengikuti alur perjalanan lomba yang ditetapkan berjalan dari Jepang, Malaysia dan Australia.
 
Penunjukan dan penjadwalan seri MotoGP 2018 akan dilakukan pada akhir tahun 2017 dengan melihat progress pembangunan sirkuit Palembang yang sedang dijalankan. Indonesia sendiri harus serius, sebab seluruh mata dunia akan tertuju ke Indonesia jika MotoGP digelar disini.
 
"Kita semua harus serius, ini kesempatan emas, jangan sampai ada kendala," tegas Jeffrey. (Yuliardi Hardjo Putra)
Artikel Selanjutnya
Tuan Rumah MotoGP: Thailand Siap Telikung Indonesia
Artikel Selanjutnya
Sukses Gelar F1, Meksiko Ingin Jadi Tuan Rumah MotoGP