Sukses

Edy Rahmayadi: Naturalisasi Demi Timnas Indonesia Juara SEA Games

Timnas Indonesia ditargetkan juara pada SEA Games 2017

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum PSSI Letnan Jenderal TNI Edy Rahmayadi menegaskan wacana naturalisasi diwujudkan bukan tanpa alasan. Dia ingin Timnas Indonesia bisa menjadi juara dalam ajang terdekat seperti yang ditargetkannya.

Timnas U-23 Indonesia bakal berlaga di SEA Games 2017 di Kuala Lupur. Edy mengakui program naturalisasi memang sebuah rencana jangka pendek karena prioritas PSSI tetap pembinaan serta pengembangan bakat pemain lokal.

Tak sedikit yang berkomentar soal wacana naturalisasi ini. Pasalnya, cara populer tersebut belum tentu mendongkrak prestasi timnas Indonesia dan dinilai sebagai langkah instan karena tak memberikan kesempatan seluas-luasnya pada pemain dalam negeri yang sudah ada.

"Kalau dua tahun ke depan masih pakai naturalisasi, silahkan Anda tegur saya seperti ini. Tapi untuk sekarang, target saya Sea Games 2017, Indonesia Juara!" tulis Edy Rahmayadi melalui akun Twitter-nya, pada Jumat (7/1/2017) kemarin.

Dalam tujuh tahun belakangan,  sejumlah pemain asing dinaturalisasi untuk membela Skuat Garuda di berbagai turnamen. Sebut saja Cristian Gonzales dan terakhir Stefano Lilipaly. Gonzales sukses mengantarkan Indonesia menjadi runner up Piala AFF 2010, dan begitu juga Lilipaly yang bersinar pada Piala AFF 2016.

"Program jangka panjang adalah membangun timnas Indonesia dengan menggelar liga usia berjenjang, SSB & Akademi. Tapi dalam jangka pendek ini kita butuh pemain untuk Sea Games dan Asian Games," tulis Edy sebelumnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini