Sukses

Luis Fernandez Kandidat Kuat Pelatih Timnas Indonesia

Sebelum rumor tangani Timnas Indonesia, Luis Fernandez juga pernah latih PSG dan Espanyol.

Liputan6.com, Bandung - Mantan pelatih Timnas Israel 2010-11, Luis Fernandez, menjadi kandidat terkuat nakhoda baru Timnas Indonesia. Pelatih asing memang diidamkan Ketua Umum PSSI, Edy Rahmayadi.

Luis Fernandez jadi nama yang mencuat untuk menukangi timnas Indonesia. Pria 57 tahun itu merupakan salah satu dari empat pelatih asal Spanyol yang direkomendasikan oleh Ketua Umum PSSI.

"Iya pelatih asing. Tapi belum bisa diumumkan. Tunggu saja besok saat Kongres Tahunan PSSI," kata Wakil Ketua Umum PSSI, Joko Driyono di Stadion Siliwangi, Sabtu (7/1/2016).

Joko melanjukan, pelatih baru Timnas Indonesia disiapkan untuk program jangka panjang. Nakhoda Skuad Garuda --sebutan Timnas Indonesia-- juga bakal rangkap jabatan.

Fernandez bersama Michel Platini turut membawa Prancis juara Piala Eropa 1984. Di Timnas Prancis, dia memiliki 60 caps dengan torehan enam gol.

"Pelatih Timnas disiapkan untuk SEA Games 2017 kemudian diteruskan ke Asian Games 2018. Sebab, tahun ini timnas senior tidak ada event, hanya ada 10 pertandingan persahabatan saja," ujarnya menegaskan.

Luis Fernandez sudah malang melintang di level klub mau pun timnas, dia pernah menukangi Paris Saint-Germain (PSG), Espanyol, hingga Atletico Bilbao. Selain melatih Timnas Israel, dia juga pernah menukangi Guineia.

Semasa aktif sebagai pemain bola, Luis Fernandez merupakan salah satu gelandang bertahan terbaik yang pernah dimiliki PSG. Dia mencetak 30 gol dari 225 penampilan bersama klub asal Prancis tersebut pada 1978 hingga 1986.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini