Sukses

Rashford 2 Gol, MU Pecundangi Reading

MU tampil begitu agresif meski tanpa kehadiran banyak pemain inti.

Liputan6.com, Manchester - Manchester United (MU) mendapatkan hasil positif pada ujian perdana mereka untuk mempertahankan gelar Piala FA 2017. Melawan Reading pada babak 3 di Old Trafford, Sabtu (7/1/2017), MU menang 4-0.

Pahlawan kemenangan MU di laga itu adalah Wayne Rooney, Anthony Martial, dan Marcus Rashford. Khusus untuk Rashford, ia sukses menyumbangkan dua gol ke gawang Reading kawalan Ali Al-Habsi.

Meski hanya menurunkan pemain lapis, MU tetap agresif sejak awal pertandingan. Tanpa butuh waktu lama, MU membuat publik di Old Trafford bergemuruh. Adalah Rooney yang mencatatkan namanya di papan skor pada menit ketujuh. Ia sukses memanfaatkan umpan Martial dengan sekali kontrol.

Tiga menit kemudian, giliran Michael Carrick yang membawa MU mengancam gawang Reading kawalan Ali Al-Habsi. Sayang, tendangan mendatarnya masih melenceng di sisi kanan gawang. Di menit ke-12, Martial pun melakukan percobaan. Sayang, tendangannya masih sangat lemah hingga mampu diatasi Al-Habsi.

Di menit ke-15, Martial tak menyia-nyiakan kesempatan yang kembali didapat. Lewat kerjasamanya dengan Rooney dalam melakukan umpan satu dua, dengan mudah Martial menceploskan bola hingga MU unggul 2-0.

Di sisi waktu, banyak peluang yang didapat MU. Namun, tak ada gol tambahan yang tercipta hingga babak pertama berakhir. Rooney dan kawan-kawan pun mengakhiri laga babak pertama dengan keunggulan 2-0.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Babak Kedua

Tak hanya unggul 2-0, MU juga mengukir catatan penting di babak pertama. Secara keseluruhan mereka melepaskan 18 tendangan di babak pertama. Itu adalah catatan terbaik yang diukir MU sejak dilatih Mourinho.

Di babak kedua, mereka melanjutkan agresivitasnya. Rooney pun nyaris mempertajam rekornya sebagai top scorer MU sepanjang masa di menit ke-55. Sayang, bola rebound hasil tendangan Marouane Fellaini yang ditepis Al-Habsi gagal dimaksimalkan Rooney.

Di menit ke-60, kontribusi Rooney nyaris membuahkan gol ketiga. Sayang, umpan silang yang dikirimkan ke kotak penalti Reading gagal dijangkau Rashford. Ia kalah cepat dari bek Reading yang menyentuh bola hingga berubah arah.

Setelah berjuang, MU akhirnya bisa menambah keunggulan di menit ke-75. Umpan terobosan Carrick sukses dilanjutkan Rashford untuk memaksa kiper Al-Habsi memungut bola dari gawangnya sendiri. Setelah unggul 3-0, Mourinho kembali melakukan pergantian pemain di menit ke-78.

Para pemain Manchester United merayakan gol ke gawang Reading pada putaran ketiga Piala FA di Old Trafford, Manchester, Sabtu (7/1/2017). (AFP/Oli Scarff)

Mata dan Carrick ditarik keluar untuk digantikan dengan Timothy Fosu-Mensah dan Bastian Schweinsteiger. Tak lama setelah itu, MU sukses menambah keunggulan menjadi 4-0. Blunder Al-Habsi membuat Rashford dengan mudah mencetak gol kedua di menit ke-79.

Ini adalah kali pertama Rashford kembali mencetak dua gol buat MU sejak melakukannya saat melakoni debut melawan Arsenal pada Februari 2016. Sayang, tak ada gol tambahan yang tercipta hingga pertandingan bubar.

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain

MU (4-2-3-1): Romero; Young, Smalling, Rojo (Jones 19), Blind; Carrick (Fosu-Mensah 78), Fellaini, Mata (Schweinsteiger 78), Rooney, Martial, Rashford

Reading (4-3-3): Al-Habsi; Gunter, Van den Berg, Evans (Swift 57), Beerens; McCleary, Moore, Kermorgant (Samuel 77), Williams, Blackett (Obita 46), Kelly

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • MU merupakan akronim dari Manchester United, klub yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Permier League.

    MU

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • Wayne Rooney adalah pemain sepak bola profesional Inggris, dan kapten kedua Manchester United dan timnas Inggris.
    Wayne Rooney adalah pemain sepak bola profesional Inggris, dan kapten kedua Manchester United dan timnas Inggris.

    Wayne Rooney

  • Rooney

  • Piala FA