Sukses

Rooney Ukir Rekor di MU, Mourinho: Fantastis

Rooney hanya butuh satu gol tambahan untuk menjadi pencetak gol terbanyak di sejarah MU.

Liputan6.com, Manchester - Wayne Rooney menjadi tajuk utama dalam kesuksesan Manchester United (MU) menghajar Reading 4-0. Pasalnya, ia sukses menyamai rekor Sir Bobby Charlton sebagai pencetak gol terbanyak MU sepanjang masa.

Jose Mourinho sengaja memasang Rooney dalam daftar starting XI MU melawan Reading pada babak 3 Piala FA 2016/2017 di Old Trafford, Sabtu (7/1/2017). Pasalnya, Mourinho ingin memberikan waktu istirahat bagi pemain-pemain inti MU.

Meski sudah jarang dimainkan, Rooney tetap komit dalam setiap kesempatan bersama MU. Ia pun tak butuh waktu lama untuk mencetak gol pembuka kemenangan MU. Memanfaatkan umpan cantik Anthony Martial, Rooney mencatatkan namanya di papan skor pada menit ketujuh.

"Sungguh menakjubkan karena semua orang tahu siapa Sir Bobby dan apa artinya bagi sejarah klub serta sepak bola Inggris. Bagi Rooney, mencetak jumlah gol yang sama sepertinya untuk MU, fantastis," ungkap Mourinho mengenai Rooney seperti dikutip situs resmi MU.

Ya, itu adalah gol ke-249 yang disumbangkan Rooney buat MU. Torehan pemain yang direkrut dari Everton pada musim panas 2004 dengan biaya 37 juta euro itu menyamai jumlah Bobby Charlton. Namun, Rooney masih lebih baik karena hanya butuh 542 pertandingan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

1 Gol Lagi

Sejatinya, Rooney sendiri tak lagi berstatus sebagai pemain inti MU sejak kehadiran Mourinho. Tercatat, ia baru memainkan 23 laga di semua kompetisi musim ini. Namun, ia masih mampu berkontribusi dengan mengemas empat gol dan 10 assist untuk MU.

Striker Manchester United Wayne Rooney (kanan) merayakan gol ke gawang Reading pada putaran ketiga Piala FA di Old Trafford, Manchester, Sabtu (7/1/2017). (AFP/Oli Scarff)

"Saya pikir itu hanya masalah waktu untuk mencetak satu gol lagi dan menjadi bagian dalam sejarah MU. Momen besar untuknya telah datang," kata Mourinho.

Terlepas dari pencapaian Rooney, Setan Merah juga mengukir catatan luar biasa. Delapan kemenangan beruntun membuat mereka menyamai mengukir tren positif terpanjang sejak September 2009. Saat itu, MU juga mengukir delapan kemenangan beruntun di bawah asuhan Sir Alex Ferguson.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • MU merupakan akronim dari Manchester United, klub yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Permier League.

    MU

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • Wayne Rooney adalah pemain sepak bola profesional Inggris, dan kapten kedua Manchester United dan timnas Inggris.
    Wayne Rooney adalah pemain sepak bola profesional Inggris, dan kapten kedua Manchester United dan timnas Inggris.

    Wayne Rooney

  • Jose Mourinho adalah pelatih kawakan yang pernah menangani sejumlah klub di liga bergengsi Eropa.
    Jose Mourinho adalah pelatih kawakan yang pernah menangani sejumlah klub di liga bergengsi Eropa.

    Jose Mourinho

  • Rooney

  • Mourinho

Video Terkini