Sukses

Samai Rekor, Madrid Masih Kalah Tipis dari Barcelona

Liputan6.com, Madrid - Real Madrid menang telak 5-0 atas Granada pada laga ke-16 Liga Spanyol 2016-2017 di Santiago Bernabeu, Sabtu (7/1/2017) malam WIB. Kelima gol Los Blancos masing-masing dicetak oleh Isco (2 gol), Cristiano Ronaldo, Karim Benzema, dan Casemiro.

Hasil tersebut membuat Madrid kokoh di puncak klasemen sementara dengan poin 40 dari 16 laga. Tidak hanya itu, kemenangan ini juga membuat pasukan Zinedine Zidane menyamai rekor Barcelona, yakni tidak terkalahkan dalam 39 laga.

Barcelona mengukir rekor tersebut pada musim 2015-16. Setelah kalah 1-2 dari Sevilla pada Oktober 2015, Lionel Messi cs tidak pernah menelan kekalahan. Baru pada April 2016, Blaugrana mengalami kekalahan dari Los Blancos dalam derby El Clasico.

Jika Barcelona melakukannya dalam semusim, skuat asuhan Zinedine Zidane menorehkannya dua musim. Ronaldo cs tidak pernah mengalami kekalahan sejak April 2016. Terakhir mereka menelan kekalahan dari Wolfsburg 0-2 di penyisihan grup Liga Champions musim 2015-16.

Lantas, siapa yang lebih baik dalam mengukir rekor tersebut? Madrid ataukah Barcelona? Berikut data dan fakta seperti dilansir Goal, Minggu (8/1/2017):

1 dari 3 halaman

Data dan Fakta

1. Dalam 39 pertandingan tanpa kekalahan, Barcelona menang 32 dan seri tujuh. Sementara Madrid menang 30 dan sembilan imbang.

2. Barcelona mencetak lebih banyak gol, yakni 122. Sedangkan Madrid hanya 112 gol. Selain itu, tim asuhan Luis Enrique juga lebih sedikit kemasukan gol, yaitu 23. Sementara skuat Zidane kebobolan 36 gol.

3. Barcelona mencetak 19 kali clean sheets (tidak kebobolan), sedangkan Madrid 14. Namun, jumlah pencetak gol Madrid lebih banyak, yaitu 22, sementara Barcelona 12.

4. Madrid tidak menorehkan 39 laga tanpa kekalahan dalam 275 hari, sementara Barcelona 182 hari. Jumlah hari yang dicatat Madrid lebih banyak karena ada libur musim panas.

5. Lucas Vazquez menjadi pemain yang paling banyak memperkuat Madrid, yakni 32 laga. Sedangkan di kubu Barcelona adalah Ivan Rakitic dengan 34 laga.

6. Luis Suarez menjadi pencetak gol terbanyak Barcelona dengan 37 gol, unggul enam gol dari Lionel Messi. Sementara Ronaldo menjadi pencetak gol terbanyak Madrid dengan 37 gol, diikuti Benzema yang mencetak 14 gol.

2 dari 3 halaman

Berpeluang Lewati Rekor Barcelona

Dalam hal angka, Barcelona sedikit lebih unggul dari Madrid. Pasukan Luis Enrique kebobolan lebih sedikit dan memenangi laga lebih banyak dari Los Blancos.

Tetapi, pasukan Zinedine Zidane memiliki kesempatan untuk menambah catatan tidak terkalahan menjadi 40 laga. Los Blancos kembali akan menghadapi Sevilla yang mereka kalahkan 3-0 di leg pertama babak 16 Copa del Rey pada 5 Januari lalu. Kali ini, Sevilla yang bertindak sebagai tuan rumah pada leg kedua di Estadio Ramon Sanchez Pizjuan, 13 Januari mendatang.

Jika kembali mengalahkan Sevilla, Los Blancos punya kesempatan untuk mempertajam rekornya tersebut. Ronaldo cs kembali menghadapi Sevilla, Malaga, Real Sociedad, dan Celta Vido di laga Liga Spanyol berikutnya.

Rekor yang dibuat Barcelona dan Madrid sangat mengesankan. Tapi, semua itu tak akan berarti jika tidak dibarengi gelar juara.