Sukses

FIFA Godok Rencana Tambah Peserta Piala Dunia

Otoritas tertinggi sepak bola dunia, FIFA tengah mempertimbangkan rencana untuk menambah jumlah peserta Piala Dunia.

Liputan6.com, Nyon - Otoritas tertinggi sepak bola dunia, FIFA tengah mempertimbangkan rencana untuk menambah jumlah peserta Piala Dunia. Presiden FIFA, Gianni Infantino berharap usulan itu sudah akan disetujui dewan FIFA.

"Secara finansial, format 48 tim menjadi yang paling menarik dan sukses karena elemen olahraga yang diunggulkan dan setiap pertandingan itu penting," ujar Infantino dua pekan lalu seperti dilansir ESPNFC.

Penambahan jumlah peserta Piala Dunia memang menjadi program Infantino sebelum ia terpilih menjadi Presiden. Infantino juga menjajikan lebih banyak bantuan bagi para anggota FIFA.

"Keputusan (soal format 48 tim) tidak boleh didasari pada pertimbangan finansial. Juga bukan pertimbangan pendapatan atau pengeluaran. Namun keputusan itu harus dilandasi niat baik mengembangkan sepak bola ke seluruh dunia," kata Infantino.

Keputusan soal format Piala Dunia baru akan diumumkan pada Selasa (10/1/2017) waktu setempat. Namun hal itu bisa ditunda jika para dewan FIFA ingin mengetahui jatah kualifikasi bagi tiap kontinen.

Piala Dunia memakai format 32 tim sejak 1998 dan dinilai sukses diterapkan. Piala Dunia 2018 di Russia dan 2022 di Qatar pun masih akan memakai format tersebut.

Dalam format 32 tim, setiap empat tim akan masuk satu grup. Dua tim yang berhasil menempati peringkat teratas akan masuk babak 16 besar. Total ada 64 pertandingan yang dipertandingkan dengan format 32 tim.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini