Sukses

Sebelum Musim Baru MotoGP, Rossi Selalu Jalani Ritual Ini

Berbeda dengan lintasan MotoGP yang menggunakan trek aspal, lomba 100 km dei Campioni menggunakan trek pasir.

Liputan6.com, Tavullia - Valentino Rossi mempunyai kebiasaan yang unik sebelum memasuki musim baru MotoGP. Ajang balap motorcross bertajuk "100 km dei Campioni" menjadi ritual yang akan dilakukan The Doctor di Motor Ranch, Tavullia, Italia, pertengahan bulan ini.

Seperti dikutip dari Speedweek, Senin (8/1/2017), acara 100 km dei Campioni ini adalah ajang balap ketahanan yang selalu diselenggarakan setiap tahunnya. Balapan di lintasan berpasir itu kerap diikuti pembalap akademinya dan juga dari kalangan joki papan atas.

Tahun ini agak sedikit berbeda karena pembalap tim MotoGP, Movistar Yamaha itu secara khusus memberikan undangan tersebut. Selain pesertanya dari pembalap akademi VR46, Rossi juga mengajak rekan barunya di Yamaha, Maverick Vinales, untuk uji kemampuan di trek pasir.

Pembalap yang merasa tertantang untuk mengikuti ajang balap ini diharuskan untuk memutari trek berpasir di Motor Ranch milik Rossi. Jaraknya cukup panjang, mencapai 100 km.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Boleh Bertukar Peran

Aturan mainnya, setiap pembalap akan diberikan dua motor dan satu alat ukur berupa transporder untuk mengetahui apakah mereka sudah mencapai target atau belum. Selain itu, para peserta juga diperbolehkan bertukar peran setiap melahap lima lap.
Para peserta 100 km dei Campioni 2016. (motoblog.it)
Pada ajang balap 100 km dei Campioni yang berlangsung tahun lalu, Rossi keluar sebagai juara bersama adiknya Luca Marini. Mereka sukses mengalahkan pasangan MotoGP-Moto2, Danilo Petrucci-Franco Morbidelli di posisi kedua dan pasangan MotoGP-Supermoto, Andrea Dovizioso-Thomas Chareyre di posisi ketiga.

(David Permana)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini