Sukses

3 Bintang MU Didikan Calon Pelatih Timnas Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Luis Milla merupakan salah satu dari dua kandidat pelatih Timnas Indonesia yang disiapkan PSSI untuk tampil di SEA Games 2017. Milla sudah pernah melatih timnas junior Spanyol.

Semasa aktif sebagai pemain, Milla cukup beruntung bisa bermain di tiga klub besar Spanyol. Dia pernah bermain untuk Barcelona, Real Madrid, dan Valencia.



Usai pensiun, ia pun sudah mengeyam pengalaman di berbagai level. Bahkan, ia sempat dipercaya menjadi pelatih Timnas Spanyol U-19, U-20, U-21, dan U-23. Di tingkat klub, ia sempat menangani Al Jazira dan Real Zaragoza.

Saat masih melatih timnas junior Spanyol, Milla mendidik pemain-pemain top Eropa seperti Luis Adrian, Javi Martinez, Cesar Azpilicueta, Bojan Krkic, hingga Martin Montoya.

Bahkan, ada tiga bintang Manchester United (MU) yang pernah dilatih oleh Milla. Siapa saja mereka? Simak di halaman selanjutnya.

1 dari 4 halaman

Juan Mata

Playmaker MU, Juan Mata, merasakan tangan dingin Milla pada 2011. Ketika itu Mata merupakan bintang Timnas Spanyol u-21 yang menjuarai Piala Eropa U-21 di Denmark.

Pada ajang tersebut, Juan Mata terpilih sebagai pemain terbaik Piala Eropa U-21. Mantan bintang Chelsea ini juga mencetak dua gol. Mata juga menjadi pemain paling banyak mencetak assists di Piala Eropa U-21, yakni dua assists.

Dua gol Mata tercipta saat Spanyol menang 3-0 atas Ukraina di Herning Stadium, Herning, pada babak penyisihan Grup B. Mata juga masuk dalam 23 nama pemain terbaik di Piala Eropa U-21.

2 dari 4 halaman

David De Gea

Kiper MU, David De Gea, juga menjadi salah satu pemain yang merasakan sentuhan tangan dingin Mila. De Gea merupakan kiper utama Timnas Spanyol U-21 saat menjuarai Piala Eropa U-21 di Denmark pada 2011.

De Gea hanya kemasukan dua gol saat membela Timnas Spanyol U-21 di Piala Eropa U-21 saat masih dilatih Milla. Gawang De Gea hanya bisa dibobol Danny Welbeck (Inggris) dan Varankow (Belarusia).

Mantan kiper Atletico Madrid itu juga terpilih sebagai kiper terbaik pada ajang tersebut. De Gea menjadi kiper nomor satu dalam 23 pemain terbaik bersama Yann Sommer (Swiss) dan Tomas Vaclik (Republik Ceko).

3 dari 4 halaman

Ander Herrera

Gelandang MU, Ander Herrera, sudah dua kali mendapat ilmu dari Luis Milla. Kesempatan pertama Herrera terjadi pada 2009 ketika dia masuk skuat Timnas Spanyol U-20.

Pada 2009, Herrera berhasil membawa Timnas Spanyol U-20 menjuarai kompetisi sepak bola Mediterranean Games. Mantan pemain Athletic Bilbao itu bermain dua kali.

Dua tahun kemudian, Herrera kembali dipanggil Milla untuk masuk Timnas Spanyol U-21. Seperti Mata dan De Gea, Herrera juga bintang Matador Junior saat menjuarai Piala Eropa U-21 di Denmark pada 2011.

Dalam kejuaraan tersebut, Herrera mencetak dua gol. Dia juga masuk dalam 23 pemain terbaik Piala Eropa U-21 di Denmark.