Sukses

Liga Inggris Hanya Memiliki 6 Wasit Top

Minimnya wasit berkualitas membuat kontroversi kerap mewarnai Liga Inggris.

Liputan6.com, London - Standar wasit Liga Inggris terus menurun. Saat ini Inggris dinilai hanya memiliki enam wasit berkualitas.

Mereka adalah Mark Clattenburg, Martin Atkinson, Michael Oliver, Anthony Taylor, Andre Marriner, dan Mike Dean. Sedangkan ke-12 ofisial lain, di antaranya Robert Madley, Jonathan Moss, Craig Pawson, atau Kevin Friend, dirasa kurang bagus.

Mantan wasit Liga Inggris Mark Halsey merasa kemerosotan tersebut sebagai dampak mundurnya Keith Hackett sebagai presiden Asosiasi Wasit Profesional (PGMOL). "Saya pikir pada 5-6 tahun selepas Hackett keluar, standar wasit perlahan anjlok. Saya rasa hanya ada enam nama yang berkapasitas," kata Halsey, dikutip BBC.

PGMOL kini dipimpin eks wasit lainnya, Mike Riley. Kepemimpinannya belakangan dipertanyakan karena banyaknya keputusan kontroversial. Wasit Liga Inggris juga dinilai tidak memiliki pola pandang sama dalam menyikapi suatu insiden. Alhasil mereka tidak konsisten.

"Padahal Liga Inggris memiliki banyak duel besar. Tapi wasit yang berkualitas sangat sedikit dan PGMOL hanya mempercayai mereka-mereka saja. Akibatnya pengalaman wasit lain tidak bertambah," tutup Halsey.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.