Sukses

Piala Dunia 2026 Resmi Diikuti 48 Tim

Liputan6.com, Zurich - Anggota Dewan FIFA mengambil suara bulat untuk menambah peserta Piala Dunia. Pesta sepak bola dunia itu akan diikuti 48 tim pada 2026.

Jumlah tersebut meningkat dari format sekarang yang diikuti 32 peserta. Mereka yang lolos nantinya dibagi ke 16 grup beranggotakan tiga tim. Dua tim terbaik kemudian melaju ke babak gugur.

Konsekuensi penambahan ini adalah meningkatnya jumlah pertandingan. Piala Dunia 2026 akan menghadirkan 80 laga, meningkat dari sebelumnya 64 partai. Namun, peserta tetap harus melewati tujuh pertandingan untuk menjadi juara. Piala Dunia juga akan tetap selesai dalam 32 hari.

Keputusan organisasi pimpinan Gianni Infantino itu didasari pertimbangan kepentingan olahraga dan finansial. Mereka ingin memberi kesempatan negara mencicipi Piala Dunia. Dengan begitu, sepak bola negara yang bersangkutan diharapkan dapat maju.

Penambahan peserta juga menambah pemasukan FIFA. Menurut penelitian, FIFA diprediksi mengantongi Rp 85,5 triliun, meningkat Rp 8,5 triliun dari pemasukan sebelumnya.

Beberapa orang sudah menyuarakan dukungan terhadap rencana ini, salah satunya Diego Maradona. "Saya sangat senang dengan inisiatif yang diungkapkan Infantino. Tim yang ikut kualifikasi akan punya hasrat baru," kata Maradona seperti dilansir Irish Times.