Sukses

Penambahan Peserta Piala Dunia, La Liga Tuntut FIFA

Piala Dunia akan diikuti 48 tim pada 2026.

Liputan6.com, Madrid - La Liga berniat menyeret FIFA ke pengadilan atas keputusan menambah jumlah peserta Piala Dunia. Mereka merasa format baru Piala Dunia tidak adil bagi pemain.

Presiden La Liga Javier Tebas menyuarakan rencana tersebut setelah FIFA menggelar pengambilan suara, Selasa (10/1/2017), untuk menentukan format baru Piala Dunia. Berdasar keputusan rapat anggota dewan, 48 tim akan ambil bagian pada Piala Dunia 2026. Angka itu meningkat dari edisi 1998 hingga 2022 yang diikuti 32 tim.

"FIFA mengambil keputusan sendirian, tanpa berkonsultasi dengan yang lain. Mereka tidak memikirkan pemain dan sesukanya mengubah kompetisi," kata Tebas, dilansir L'Equipe.

Tebas mengaku La Liga sudah mendapat dukungan dari otoritas kompetisi negara Eropa. Dia juga menyebut Presiden FIFA Gianni Infantino berperilaku seperti pendahulunya Sepp Blatter. Keduanya dinilai lebih memprioritaskan keuntungan finansial. Menurut penelitian, FIFA diprediksi mengantongi Rp 85,5 triliun, meningkat Rp 8,5 triliun dari pemasukan sebelumnya, dengan penambahan jumlah peserta Piala Dunia.

"Infantino sama saja seperti Blatter. Saya sangat marah. Industri sepak bola berjalan berkat klub dan liga, bukan FIFA," tegas Tebas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini