Sukses

Mengenang Achmad Kurniawan, Kiper Arema Sarat Pengalaman

Liputan6.com, Jakarta Sepak bola Indonesia kembali berduka. Kiper Arema FC, Achmad Kurniawan, yang juga kakak kandung penjaga gawang tim nasional (timnas) Indonesia, Kurnia Meiga Hermansyah, meninggal dunia. AK--sapaan akrabnya--menghembuskan nafas terakhir di rumah sakit RSSA Saiful Anwar, Malang, Jatim, Selasa (10/1/2017) setelah mendapat perawatan sejak Kamis (29/12/2016). 

Achmad Kurniawan meninggal di usia 37 tahun. Sebelumnya, pemain yang juga pernah memperkuat Persik Kediri itu dilarikan ke rumah sakit akibat diduga mengalami serangan jantung. Sempat muncul kabar yang menyebutkan, AK keracunan minuman. Namun hal itu langsung dibantah manajemen Singo Edan. Kondisi AK bahkan sempat membaik sebelum kabar duka datang hari ini. 

Nama Achmad Kurniawan sebenarnya sudah tidak asing bagi telinga pecinta sepak bola Tanah Air. Mengawali karier dari Persita Tangerang Junior 2001-2006 lalu, AK langsung jadi idola para Aremania saat memutuskan bergabung dengan tim Singo Edan.

Di musim pertama sebagai kiper Arema, Achmad Kurniawan menjadi bagian penting dalam pertahanan tim asal Kota Apel tersebut. Ketangguhannya di bawah mistar gawang ikut mengantar Singo Edan menjuarai Copa Indonesia di tahun yang sama. Di babak final, AK tampil memukau saat timnya bertemu Persipura Jayapura. Dalam duel ini, Singo Edan menang dengan skor 2-0.

Penampilan gemilang AK bersama Arema sempat menarik perhatian mantan pelatih timnas Indonesia, Ivan Kolev. Pelatih asal Bulgaria itu kemudian memanggil Achmad Kurniawan untuk ikut seleksi timnas proyeksi Piala Asia 2007. Namun sayang, penampilan AK selama mengikuti seleksi timnas masih kalah bersaing dengan Jandri Pitoy, Markus Horison, dan Ferry Rotinsulu.

Dua tahun membela Arema, AK pindah ke Persik Kediri. Sayang, penampilannya terus menurun. Pada tahun 2008, dia kemudian pindah ke Semen Padang sebelum kembali lagi ke Arema pada musim 2010 dan bergabung dengan adiknya, Kurnia Meiga.

AK menjadi pelapis bagi adiknya yang kala itu tengah menanjak. Saat dualisme melanda sepak bola Indonesia, AK sempat pindah ke Arema yang bermain di Indonesia Premier League (IPL) pada tahun 2011-12. Namun karena tidak ada kejelasan, Achmad Kurniawan kembali pindah haluan. Dia kemudian memperkuat Arema yang tampil di Liga Super Indonesia (ISL) bersama adiknya.

1 dari 3 halaman

Mati-matian di Setiap Laga

Musim lalu, AK menjadi kiper ketiga Arema. Dia berada di belakang I Made Wardhana dan adiknya, Kurnia Meiga. Meski demikian, saat mendapat kesempatan bermain, AK tidak pernah setengah-setengah. Dalam debutnya bersama Arema pada ajang Torabika Soccer Championship 2016, Achmad Kurniawan berhasil mencatatkan cleen sheet ketika bertemu Persiba Balikpapan. Bahkan dalam lima pertandingan awal bersama Singo Edan, AK mampu menjaga gawangnya tidak kebobolan sebanyak tiga laga.

Sebagai kiper yang sudah banyak makan asam garam di pentas sepak bola Indonesia, wajar bila banyak yang terkejut dengan kepergian AK. Salah satunya adalah pemain penyerang Arema, Ferry Aman Saragih. Pemain berusia 29 tahun itu segera menuju kamar jenazah RSSA Saiful Anwar, saat mengetahui kabar duka yang menimpa AK. "Jangan ditanya dulu mas,  saya masih syok, lagian saya juga belum melihat jenazah AK" ujar Ferry sebelum bergegas masuk ke kamar jenazah RSSA Saiful Anwar, sore tadi.

Menurut salah Manajer Legal Arema, Eko Prasetyo, jenazah rencananya akan dibawa ke Jakarta. Selamat jalan Achmad Kurniawan...

Simak juga video profil Achmad Kurniawan pada halaman berikutnya.

2 dari 3 halaman

Video Achmad Kurniawan

Biodata:
Nama lengkap : Achmad Kurniawan
Tanggal lahir: 31 Oktober 1977 (umur 38)
Tempat lahir : Bendera Indonesia Jakarta, Indonesia
Tinggi       :1.75 m (5 ft 9 in)
Posisi       : Kiper
Wafat: 10 Januari 2017
Karier
Persita Tangerang : 2001-2006
Arema Malang : 2006-2008
Timnas Pra Piala Asia : 2007
Persik Kediri : 2008-2009
Semen Padang : 2009-2010
Arema IPL : 2011
Arema ISL : 2012-...

Prestasi
Juara Copa Indonesia 2006 (Arema)
Runner Up Indonesia Super Liga 2010/11 (Arema)

Artikel Selanjutnya
Video Gol Kedua Timnas Indonesia U-22 ke Gawang Filipina
Artikel Selanjutnya
Video Gol Kedua Timnas Indonesia U-22 Vs Filipina