Sukses

3 Patung Pesepak Bola Dunia Jadi Korban Kemarahan Fans

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah patung dibuat biasanya untuk menghormati tokoh yang sudah berjasa besar. Begitu pula dengan patung pesepak bola yang telah menjadi bagian dari kejayaan tim yang dibelanya.

Salah satu patung yang terkenal adalah patung striker timnas Argentina Lionel Messi, yang berada di Kota Buenos Aires, Argentina. Karya seni ini terbuat dari perunggu dan didirikan dalam usaha membujuk Messi untuk kembali ke tim nasional.

Seperti yang diketahui, usai kalah di final Copa America melawan Chili, Messi langsung mengumumkan pensiun dari timnas. Sayangnya, belum setahun patung tersebut dibuat, benda tersebut sudah rusak oleh tangan tak bertanggung jawab.

Patung Messi menjadi korban vandalisme penggemar sesaat setelah terpilihnya Cristiano Ronaldo sebagai Pemain Terbaik Dunia 2016 dari FIFA.

Kasus perusakan patung Messi bukan jadi yang pertama dalam dunia sepak bola. Sebelumnya dua patung olahragawan juga menjadi pelampiasan kekecewaan penggemar.

Berikut ulasannya:

1 dari 4 halaman

1. Gabriel Batistuta

1. Gabriel Batistuta

Patung striker Argentina ini terletak di depan stadion Artemio Franchi, markas Fiorentina di Firenze Italia. Karya seni ini dibuat pada 1996 sebagai penghormatan atas loyalitas Batistuta pada La Viola yang tetap bertahan meski klubnya terdegradasi ke Serie B.

Meski berhasil membawa kembali Fiorentina ke seri A, namun Gabigol-- begitu panggilannya, tidak pernah meraih scudetto bersama Fiorentina. Akhirnya pada tahun 2000, dia hijrah ke AS Roma.

Ketika Roma berjumpa dengan mantan klubnya, Batistuta mencetak gol penentu kemenangan. Meski tak membuat selebrasi, suporter Fiorentina marah besar. Patung Batistuta di depan stadion Artemio Franchi kemudian dirobohkan.

2 dari 4 halaman

2. Cristiano Ronaldo

2. Cristiano Ronaldo

Pada awal 2016 terjadi aksi vandalisme terhadap patung Ronaldo di Madeira, Portugal. Di kota kelahiran bintang Real Madrid itu, seseorang tak bertanggung jawab mencoret bagian punggung patung dengan nomor 10 plus nama Messi dengan menggunakan cat merah.

Aksi vandalisme itu dilakukan usai Lionel Messi berhasil menyabet gelar pemain terbaik dunia atau Ballon d'Or 2015. Kini, karya seni tersebut dipindahkan ke Praca do Mar.

3 dari 4 halaman

3. Lionel Messi

3. Lionel Messi

Patung Messi baru diresmikan tahun lalu oleh Walikota Buones Aires Horacio Rodriguez Larreta. Patung itu dibuat dalam rangka kampanye meminta sang pemain kembali membela timnas Argentina setelah sempat memutuskan pensiun usai kekalahan di final Copa Amerika.

Patung milik bintang Barcelona itu kini terpenggal tanpa setengah tubuh bagian atas karena menjadi korban tindakan vandalisme. Perusakan terhadap patung Messi bersamaan dengan terpilihnya Cristiano Ronaldo sebagai Pemain Terbaik Dunia 2016 dari FIFA.

Ini kali kedua benda perunggu tersebut dirusak. Di tengah-tengah perjuangan Argentina lolos ke semifinal Piala Dunia 2014, tangan dari patung Messi itu diamputasi. Masing-masing dua jari dari tangan Messi dipatahkan orang tak dikenal.

Artikel Selanjutnya
Statistik Lengkap 500 Gol Messi untuk Barcelona
Artikel Selanjutnya
Selain Messi Vs Ronaldo, Ini 4 Rivalitas di Sepak Bola