Sukses

Infantino Jamin Tidak Ada Kecurangan di Piala Dunia 2026

Peserta dikhawatirkan main mata pada putaran grup Piala Dunia 2026.

Liputan6.com, Zurich - Presiden FIFA Gianni Infantino belum memiliki jawaban untuk mencegah kecurangan pada putaran grup Piala Dunia 2026.

Namun, meski banyak lubang, Infantino menjamin FIFA akan mengeksplorasi semua jalan demi meminimalisir kecurangan di Piala Dunia. "Semua aturan akan ditentukan beberapa tahun sebelum turnamen dimulai, bukan sekarang," kata Infantino, dilansir Soccerway.

Ancaman kecurangan muncul karena 48 peserta Piala Dunia 2026 dibagi ke 16 grup. Dengan setiap grup ditempati tiga peserta, dua negara bisa main mata demi menyisihkan satu tim lainnya. 

Tidak hanya itu, muncul pula kekhawatiran adanya kebingungan jika ketiga negara memeroleh angka sama. "Ada beberapa opsi yang bisa diambil. Adu penalti pada laga grup salah satunya. Kami juga bisa menggunakan peringkat FIFA dalam menentukan klasemen grup," lanjutnya.

Bertambahnya peserta Piala Dunia turut menambah jumlah pertandingan. Kompetisi 2026 akan menghadirkan 80 laga, bertambah dari sebelumnya 64 partai. Namun, peserta tetap harus melewati tujuh pertandingan untuk menjadi juara. Piala Dunia juga akan tetap selesai dalam 32 hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini