Sukses

Hadiah Superliga Badminton Makin Besar

Liputan6.com, Jakarta - Djarum Superliga Badminton 2017 menawarkan hadiah total lebih besar dibandingkan dua tahun lalu. Pada 2015, turnamen antarklub putra dan putri ini memperebutkan hadiah total US$ 200 ribu. Sementara untuk tahun ini naik US$ 5.000 atau menjadi US$ 250 ribu atau sekitar Rp 3,3 miliar.

"Tahun ini Superliga Badminton akan memperebutkan hadiah yang lebih besar dibandingkan dua tahun lalu, dari US$ 200 ribu menjadi US$ 250 ribu," kata Direktur Djarum Superliga Badminton Achmad Budiharto kepada wartawan dalam jumpa pers di Bali Room, Hotel Indonesia Kempinski, Rabu (11/1/2017).

Dengan hadiah yang lebih besar, diharapkan banyak pebulu tangkis dunia yang akan ambil bagian pada turnamen yang digelar untuk kali kenam ini. "Hal ini tentunya memicu minat para pemain top dunia untuk mengikuti turnamen ini sehingga akan berdampak pada meningkatnya kualitas permainan daari setiap pertandingan yang digelar," ucap Budiharto.

Tidak hanya hadiah, Superliga Badminton juga menaikkan subsidi untuk klub-klub yang memakai pemain asing. "Untuk klub yang menggunakan pemain asing akan diberikan US$ 6.000 (sekitar Rp 79,9 juta). Tahun lalu, dana subsidi kepada klub yang menggunakan pemain asing US$ 1.500," papar Budiharto.

1 dari 2 halaman

Regulasi Masih Sama

Tahun ini, Superliga Badminton akan diikuti sembilan klub putra dan sepuluh klub putri. Di beregu putra, ada juara bertahan Musica Champion. Selain itu, ada juga klub Djarum Kudus, Mutiara Cardinal Bandung, Berkat Abadi Banjarmasin, Suryanaga Mutiara Timur Surabaya, USM blibli.com semarang, Granular (Thailand), Gifu Tricky Panders (Jepang), dan Hitachi (Jepang).

Sementara di beregu putri, Jaya Raya Jakarta yang merupakan juara bertahan akan bersaing dengan Djarum Kudus, USM blibli.com Semarang, Mutiara Cardinal Bandung, Berkat Abadi Banjarmasin, Suryanaga Mutiara Timur Surabaya, Hakuto Bank (Jepang), Gifu Tricky Panders (Jepang), Saishukan Ltd (Jepang), dan Granular (Thailand).

Regulasi tahun ini masih sama dengan 2015, yaitu masing-masing klub peserta diperbolehkan meminjam pemain dari klub lain di luar klub seperti Superliga Badminton, termasuk pemain asing. Penggunaan pemain asing tidak dibatasi jumlahnya. Namun, sesuai manual regulasi liga, pemain asing tersebut hanya boleh mengikuti maksimal dua partai atau pertandingan dalam setiap turun bermain atau bertanding.

Salah satu pemain asing yang akan tampil pada Superliga Badminton tahun ini adalah ganda putra Korea, Lee Yong Dae. Turnamen bulu tangkis beregu antarklub putra dan putri tersebut akan digelar di GOR DBL Arena, Surabaya, Jawa Timur, 19-26 Februari mendatang.

 

 

 

 

 

Artikel Selanjutnya
Habis-habisan di Final Proliga 2017
Artikel Selanjutnya
Indonesia Jadi Tuan Rumah Kejuaraan Level Dua BWF