Sukses

Hattrick Tendangan Bebas, Berapa Total Gol Messi di Barcelona?

Liputan6.com, Barcelona - Lionel Messi cetak milestone alias torehan sejarah saat mencetak satu gol di kemenangan 3-1 Barcelona atas Athletic Bilbao di leg kedua perdelapan final Piala Raja, Kamis (12/1/2017). Gol lewat tendangan bebas itu mencatatkan dirinya samai catatan  tendangan bebas eks Barcelona, Ronald Koeman.

Itu merupakan hattrick tendangan bebas Messi di tiga laga terakhir bersama Barcelona. Satu tendangan bebasnya samai 26 tendangan bebas yang ditorehkan Koeman semasa membela Barcelona. Kala itu, Koeman dijuluki raja tendangan bebas di Barcelona.

"Selamat sudah cetak 26 gol tendangan bebas di Barcelona, Messi. Anda hanya butuh satu gol untuk pecahkan rekor," tulis Koeman di akun twitternya.

Messi juga tercatat memiliki catatan tendangan yang lebih bagus ketimbang Cristiano Ronaldo. Sepanjang 2017, Messi sudah cetak tiga gol lewat tendangan bebas di La Liga. Sedangkan Ronaldo sejak 2015 baru cetak dua gol saja lewat tendangan bebas di La Liga.

Lalu dengan hattrick ini, berapa jumlah total gol Messi di Barcelona. Seperti dilaporkan @messi10stats, Messi total sudah tampil di 554 laga untuk Barcelona.

Dari sebanyak laga itu, dia sudah cetak 479 gol. Dia juga sudah mencetak 218 assist di sepanjang kariernya bersama Barcelona.

1 dari 2 halaman

Torehan Lain

Jika dirunut ke statistik lain, torehan Messi juga mencengangkan. Hingga saat ini, Messi sudah mendapatkan 29 trofi bersama Barcelona.

Dia juga sudah mencetak 37 kali hattrick, termasuk dua kali hattrick musim ini di Liga Champions. Tentu yang paling fenomenal yaitu torehan 5 kali Ballon d'Or.

Torehan ini merupakan yang terbanyak ditorehkan pemain top dunia. Torehan ini juga diiringi tiga kali gelar Golden Boot atau pencetak gol terbanyak di Eropa.

Dia juga mencatatkan diri menjadi yang terbaik di Eropa sebanyak dua kali. Dia dua kali mendapatkan trofi UEFA Best Player.

Fakta lain, dengan satu golnya ke gawang Bilbao, Messi punya rata-rata gol 1,3. Sama dengan torehan terbaik rata-rata gol Ronaldo musim lalu.

Artikel Selanjutnya
Daftar Panjang Rekor Gol Ronaldo Bersama Real Madrid
Artikel Selanjutnya
Trio MSN Tembus 100 Gol untuk Barcelona