Sukses

Surati Diri Sendiri, Ronaldinho Titip Pesan kepada Lionel Messi

Saran yang diberikan Ronaldinho kepada Lionel Messi saat masih muda ternyata sangat sederhana.

Liputan6.com, Barcelona - Ronaldinho mendapat kesempatan untuk menuliskan kembali perjalanan hidupnya semasa muda lewat tulisan Letter to My Younger Self di situs Players Tribune. Dan salah satu kisah yang disampaikan eks timnas Brasil itu adalah seputar  Lionel Messi.

Seperti dilansir The Sun, lewat surat tersebut Ronaldinho bercerita bagaimana ia pertama kali bertemu La Pulga dan melihat potensi besar dalam diri bintang Barcelona itu. Lewat suratnya, Ronaldinho berkisah soal pesan yang disampaikan kepada Messi.

"Katakan padanya, bermainlah dengan rasa bahagia. Bermain bebas. Bermainlah saja dengan bola," tulis Ronaldinho.

Surat berjudul Letter to My Younger Self, ditujukan Ronaldinho kepada dirinya semasa muda. Ini semacam refleksi terhadap perjalanan penjang yang dilaluinya. Dalam suratnya, dia masih mengingat saat pertama kali ia mendengar nama Lionel Messi.

Pria asal Brasil itu mengatakan, ketika itu, nama Messi banyak diperbincangkan di Barcelona. Menurut Ronaldinho, semua orang memang sudah memprediksi, Lionel Messi akan jadi pemain yang luar biasa.

"Di Barcelona, Anda mendengar satu pemain muda yang memakai nomor 10 sama seperti saya. Dia kecil dan bermain dengan bola, seperti saya. Anda tahu, dia akan jadi pemain yang luar biasa. Anak itu berbeda. Namanya Leo Messi," tulis Ronaldinho lagi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berkat Ronaldinho

Jasa Ronaldinho pada karier Messi memang luar biasa. Ronaldinho lah yang merekomendasikan Messi untuk naik ke tim utama Barcelona.

Pada tahun 2003, Messi mulai mencuri perhatian seluruh pemain inti Barcelona. Itu terjadi setelah Messi mulai berlatih bersama para pemain inti Barcelona.

"Dia menghancurkan kami. Para pemain menendangnya agar tak dilewati. Tapi dia tetap bermain, melewati empat atau lima pemain dan mencetak gol. Bahkan para bek pun gugup saat berhadapan dengannya. Dia alien," kenang gelandang Barcelona saat itu, Ludovic Giuly.

Peristiwa itu lalu meninggalkan kesan mendalam bagi Ronaldinho. Pemain yang kini berusia 36 tahun itu pun merekomendasikan Messi, pada pelatih Barcelona saat itu, Frank Rijkaard.

"Anda memberitahu pelatih untuk memasukkannya ke tim senior. Ketika dia datang, para pemain Barcelona akan berbicara soal dia, sama dengan para pemain Brasil membicarakan Anda," tulis Ronaldinho.

Ramalan Ronaldinho soal Messi tak meleset. Kini, Messi disebut-sebut merupakan pemain terbaik yang pernah ada di dunia sepak bola.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.