Sukses

6 Pesepak Bola yang Pernah Tertangkap Kamera Merokok

Liputan6.com, Jakarta Merokok tidak baik untuk kesehatan. Namun kebiasaan ini sulit untuk dihentikan. Tidak hanya oleh masyarakat awam, olahragawan, termasuk pesepak bola profesional juga terkadang masih tergoda untuk mencoba pemicu berbagai penyakit itu.

Sejumlah imbauan telah diterbitkan seputar bahaya rokok terhadap kesehatan. Namun sejumlah pemain tetap bandel dan penasaran ingin mencobanya. Sebagian pemain bahkan beberapa kali tertangkap kamera menghisap aroma tembakau bakar tersebut.

Beberapa pelatih sebenarnya sangat berang bila pemainnya kedapatan merokok. Sejumlah sanksi pun disiapkan. Mulai dari sanksi denda hingga teguran keras terhadap pemain yang bersangkutan. Meski demikian, tetap saja ada pemain yang memandel.

Kebiasaan merokok pemain juga tidak jarang jadi bulan-bulanan di media. Apalagi bila yang kedapatan adalah pesepak bola ternama. Tidak jarang, kegiatan ini bahkan membuat pemain yang bersangkutan kehilangan tempat di tim.

Berikut ini enam pemain ternama yang pernah kedapatan merokok:

1 dari 7 halaman

Jack Wilshere

Gelandang Arsenal yang dipinjamkan ke AFC Bournemouth ini beberapa kali tertangkap merokok dalam suatu kesempatan. Ini memicu perdebatan dalam beberapa tahun terakhir.

Wilshere pernah tertangkap merokok di sebuah klub malam London, lalu sebuah pesta setelah Piala Dunia dan di kolam renang Las Vegas. Berkaca pada insiden itu, Wilshere pernah berkata, "Saya masih muda dan saya akan belajar dari itu serta menyadari konsekuensinya."

Akan tetapi, dengan tertangkap kamera beberapa kali, membuktikan kalau Wilshere tak juga berubah. Dibuang oleh Arsenal ke Bournemouth kabarnya memang karena hal serupa.

2 dari 7 halaman

Ashley Cole

Ashley Cole memang terkenal dengan 'kenakalan'-nya. Bukan tanpa sebab. Dalam beberapa kali kesempatan, dia pernah mengaku seorang perokok berat.

Ashley Cole saat memperkuat Chelsea

Kebiasaannya itu menyebabkan beberapa masalah setelah Jose Mourinho berlabuh ke Stamford Bridge. Dia akhirnya kehilangan tempat yang digeser oleh Cesar Azpilicueta.

Cole sendiri akhirnya pergi ke AS Roma. Cole tentu merupakan salah satu bek kiri terbaik. Tapi, perilakunya di luar lapangan memang telah menodai reputasinya.

3 dari 7 halaman

Mario Balotelli


Pemain ini memang penuh kontroversi. Balotelli dianggap sebagai anak nakal sepak bola. Maka itu, bukan sebuah hal yang aneh kalau dia sering tertangkap merokok.

Mario Balotelli
Pemain Italia ini bahkan pernah tertangkap mengisap rokok di toilet kereta. Ini terjadi saat perjalanan dari AC Milan ke Florence saat melawan Fiorentina.

Sementara di Man City, Mancini merespons Balotelli dengan pasrah, "Jika dia merokok 10 batang sehari dan mencetak dua gol tiap pertandingan, itu tak lagi masalah," sebut Mancini kala itu.

4 dari 7 halaman

Wayne Rooney


Kapten Manchester United ini juga bebarapa kali kedapatan merokok saat menjalani liburan. Namun, media-media Inggris menyebut kebiasaan buruk Rooney ini lebih karena dipengaruh lingkungan, yakni wanita teman kencannya.

Wayne Rooney melepaskan tendangan voli

Mantan manajer Inggris, Fabio Capello pernah kesal dengan kelakukan bengal Wayne Rooney setelah kepergok merokok dan kencing di jalanan pada 2010 lalu.

"Fabio sangat terganggu setelah melihat gambar Rooney keluyuran di kelab mala pada pukul 5.30 subuh,” kata salah seorang sumber kala itu. Jelas memang Don Fabio kesal, sebab Rooney melakkan itu setelah Inggris dipermalukan Jerman di Piala Dunia.

5 dari 7 halaman

Lionel Messi

Ya benar, bahkan pemain tersohor dunia sekelas Messi pernah menikmati sebatang rokok. Hal ini setelah La Pulga tertangkap kamera saat tengah berlibur di Argentina.



Tampak ada cerutu di mulutnya dan seolah Messi ingin menyalakan rokok tersebut. Akan tetapi, permasalahan rokok Messi ini tak terlalu besar.

Hal tersebut lebih karena Messi bisa menjaga permainannya bersama Barcelona. Hingga akhirnya, berita Messi merokok hanya menguap begitu saja.

6 dari 7 halaman

Wesley Sneijder

Ada periode di mana Sneijder akan menjadi pemain terbaik di dunia. Sebab, dia pernah meraih treble bersejarah bersama Inter Milan dan membawa Belanda ke fial piala Dunia 2010.

Akan tetapi, hal itu dirusak karena ulahnya yang tertangkap kamera tengah berpesta dan merokok. Ada beberapa foto yang menggambarkan Sneijdr tengah menikmati sebatang rokok dengan asyiknya.



Hal itu yang memang sedikit melatari penurunan drastis performa sang bintang. Bisa dibuktikan bukan, rokok bisa jadi malapetaka bagi pesepak bola?

I. Eka Setiawan

Artikel Selanjutnya
Inter Milan Rekrut Seorang Imigran Gelap
Artikel Selanjutnya
Chelsea Bakal Rugi Lepas Diego Costa