Sukses

Dua Hari Lagi, PSSI Umumkan Pelatih Timnas Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - PSSI akan mengumumkan pelatih baru Timnas Indonesia dalam kurun waktu dua hari ke depan. Saat ini, ada dua kandidat kuat pelatih Skuat Garuda, yakni Luis Fernandez dan Luis Milla Aspas.

"Itu (pelatih Timnas Indonesia) diputuskan saat rapat Anggota Exco PSSI selanjutnya pada 15 Januari," ucap Wakil Ketua Umum PSSI, Iwan Budianto. Pengumuman pelatih timnas senior berbarengan dengan nakhoda Timnas Indonesia U-19 dan U-15.

Luis Fernandez merupakan salah satu pelatih yang sudah malang melintang di level klub mau pun timnas. Dia pernah menukangi Paris Saint-Germain (PSG), Espanyol, hingga Atletico Bilbao. Selain melatih Timnas Israel, dia juga pernah menukangi Guineia.

Sementara Luis Milla merupakan mantan pemain Barcelona dan Real Madrid. Dia pernah melatih Timnas Spanyol U-23 dan Real Zaragoza. Mila memulai kariernya sebagai pelatih saat menjadi asisten pelatih Getafe.

1 dari 2 halaman

Tugas Ganda

Pelatih Timnas Indonesia pengganti Alfred Riedl punya tugas ganda. Pelatih baru Skuat Garuda disiapkan untuk SEA Games 2017 kemudian diteruskan ke Asian Games 2018. Sebab, tahun ini timnas Indonesia tidak ada event, hanya ada 10 pertandingan persahabatan.

"Target utamanya itu Asian Games. Ada harapan dari Ketua Umum (PSSI, Edy Rahmayadi) yang menginginkan pelatih baru langsung in (menyatu dengan tim) setelah menyelesaikan kontrak," ujar Iwan.

Iwan melanjutkan, PSSI berharap Fernandez atau Milla bersedia memasukan pelatih lokal untuk menjadi asisten pelatih Timnas Indonesia. "Kami ingin masukan banyak pelatih lokal biar menyerap banyak ilmu," ucapnya.

Artikel Selanjutnya
Pelatih Timnas Indonesia U-19 Indra Sjafri Kesulitan Coret Pemain
Artikel Selanjutnya
Pencoretan Pemain Timnas Indonesia U-19 Tertunda, Ini Alasannya