Sukses

PSSI Bakal Mendata Pesepakbola Berdarah Indonesia di Eropa

Liputan6.com, Jakarta - Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI) di bawah pimpinan Edy Rahmayadi mulai menyusun program. Salah satu program yang terdapat dalam surat yang dikirimkan ke Kemenpora adalah rencana pendataan pemain muda Indonesia di Eropa dan Qatar.

Rencana PSSI soal pendataan pemain sepak bola muda asli Indonesia maupun keturunan, yang mempunyai keinginan besar untuk memperkuat timnas Indonesia. Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Kemenpora Gatot S Dewa Broto, menyatakan, hanya pemain yang ingin membela Indonesia saja yang dipertimbangkan untuk dinaturalisasi.

"Kemarin siang, Kamis (12/1) kami menerima surat dari PSSI yang intinya program jangka pendek dan jangka panjang. Salah satunya adalah terkait pendataan pemain yang ada di Eropa dan Qatar itu. Kami langsung menindaklanjuti," kata Gatot, di PP ITKON Jakarta, Jumat (13/1/2017), seperti dilansir Antara.

Menurut dia, dengan adanya rencana tersebut pihaknya langsung membuat draf surat yang ditujukan ke Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) yang salah satu poinnya adalah untuk meminta bantuan dubes di Eropa dan Qatar membantu dengan pendataan pemain Indonesia.

Saat ini, kata dia, sebelum disampaikan ke PSSI, pihaknya terus melakukan komunikasi dengan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi guna memastikan langkah yang bakal dilakukan oleh Kemenpora terkait dengan pendataan pemain muda Indonesia maupun keturunan yang tersebar di Eropa dan Qatar.

"Kami masih menunggu. Apa surat permintaan itu bakal dikirimkan oleh Kemenlu atau kami dari Kemenpora langsung bisa mengirimkan surat kepada dubes Indonesia di Eropa dan Qatar. Komunikasi terus kami lakukan," ujar Gatot, menambahkan.

1 dari 2 halaman

Banyak Pemain berdarah Indonesia di Luar Negeri

Selama ini banyak muda Indonesia maupun keturunan yang bermain di liga-liga bergengsi. Bahkan, banyak pula pemain yang menginginkan bisa memperkuat timnas Indonesia. Hanya saja data keseluruhan pemain potensial tersebut belum sepenuhnya terdata.

Saat ini bahkan muncul nama Ezra Walian. Pemain muda klub Ajax Amsterdam ini saat ini berkeinginan menjadi warga negara Indonesia dan sasarannya bisa memperkuat timnas Indonesia. Agenda paling depan yang disasar pemain blasteran Indonesia-Belanda ini ada SEA Games 2017.

Terkait dengan kelanjutan pendataan yang bakal dilakukan, Gatot menjelaskan jika semua data sudah ada selanjutnya akan diberikan kepada PSSI, termasuk proses pemilihan pemain yang bakal dilakukan naturalisasi atau program yang lain.

"Untuk proses naturalisasi harus ada pengajuan. Dalam hal ini PSSI. Seperti yang terjadi saat ini. Ezra Walian memang diajukan oleh PSSI. Saat ini masih dalam proses. Permohonan naturalisasinya sudah masuk ke presiden," tutur pria yang juga juru bicara Kemenpora itu.