Sukses

Bintang Persib: Pembatasan Pemain Asing Untungkan Indonesia

Menurut striker Persib, Shohei Matsunaga sepak bola tanah air bisa berkembang jika pemain asing dibatasi.

Liputan6.com, Bandung - Hasil kongres tahunan PSSI 2017 di Bandung beberapa waktu lalu menghasilkan beberapa wacana penggunaan pemain asing untuk setiap tim yang akan bermain di kompetisi Indonesia Super League (ISL 2017), yaitu tiga pemain dengan satu di antaranya berasal dari Asia. Striker Persib Bandung, Shohei Matsunaga mengatakan pembatasan itu akan berdampak pada kesulitan para pemain asing untuk mendapatkan tim.

Namun, mantan pemain Schalke ini menilai kebijakan ini justru bisa memberikan dampak yang cukup baik pada talenta sepak bola tanah air.

"Dari awal kan Asia satu pemain. Mungkin pemain Eropa, Afrika, Amerika jadi susah dapat tim, tapi itu kesempatan buat pemain lokal untuk menunjukan kualitas," kata Shohei.

Selain itu wacana menggunakan pemain muda menurutnya bisa diterapkan jika kebijakannya dilakukan secara tepat. Sebab, pada beberapa klub yang dibelanya seperti Persiba Balikpapan, talenta muda sukses menunjukan tajinya.

"Bisa, yang kasih kesempatan kan pelatih. Saya percaya pada pemain muda. Karena sudah dalam lapangan, sama rata."

"Itu tidak akan susah, kalau lihat di Eropa usia 17 tahun sudah bisa main di tim, tinggal buktikan skill," kata pemain yang baru direkrut  Persib tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.