Sukses

Babak I: Lukaku Bawa Everton Ungguli Manchester City

Manchester City tertinggal 0-1 dari Everton akibat gol Lukaku pada menit ke-34.

Liputan6.com, Liverpool -- Meski unggul dalam penguasaan bola, Manchester City justru mengakhiri babak pertama melawan Everton dengan kondisi tertinggal. Adalah Romelu Lukaku yang menjadi momok City pada laga pekan ke-21 Liga Inggris 2016/2017 di Goodison Park itu.

Untuk menghadapi Everton, Minggu (15/1/2017), pelatih City Pep Guardiola menurunkan kekuatan penuhnya. Pemain-pemain seperti Sergio Aguero, Raheem Sterling, Kevin De Bruyne, Yaya Toure, dan David Silva diturunkan sebagai starter.

Tak hanya City, Everton juga menurunkan kekuatan terbaiknya. Dengan masih mengandalkan formasi 3-4-2-1, pelatih Ronald Koeman menempatkan Romelu Lukaku sebagai ujung tombak. Dua gelandang serang di belakang Lukaku adalah Kevin Mirallas dan Ross Barkley.

Di babak pertama, penguasaan bola mutlak jadi milik The Citizens. Namun, Everton yang lebih dulu mengancam gawang City. Bahkan, mereka membuat gawang Claudio Bravo bergetar di menit 10 lewat Kevin Mirallas. Sayang, wasit Mark Clattenburg menganulir gol tersebut karena Seamus Coleman terlebih dulu dalam posisi offside.

Setelah momen tersebut, giliran City yang mulai memborbardir pertahanan The Toffess lewat serangannya. Salah satunya adalah peluang yang didapat Silva di menit ke-28. Lolos dari jebakan offside dan tinggal berhadapan dengan kiper Joel Robles, Silva malah gagal menceploskan bola.

Memasuki menit ke-34, City malah mendapatkan petaka. Memanfaatkan umpan Mirallas, Lukaku sukses mencatatkan namanya di papan skor meski hanya dengan satu sentuhan. Itu menjadi gol ke-12 Lukaku di Liga Inggris musim ini.

Di sisa waktu, City masih berupaya untuk menyamakan skor. Aguero sempat nyaris menciptakan gol penyeimbang di menit ke-38. Sayang, ia sedikit terlambat saat akan menyambar umpan silang mendatar De Bruyne. Hingga babak pertama berakhir, tak ada gol tambahan yang tercipta.

Susunan Pemain:

Everton: Joel Robles; Baines, Coleman, Williams, Funes Mori, Holgate, Barry, Barkley, Davies, Mirallas, Lukaku

City: Bravo; Sagna, Clichy, Zabaleta, Otamendi, Stones, Silva, Yaya Toure, De Bruyne, Sterling, Aguero

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini