Sukses

Liga Inggris: Manchester City Terkapar di Markas Everton

Everton membuat Manchester City menelan kekalahan kelima di Liga Inggris 2016/2017.

Liputan6.com, Liverpool - Hasil buruk kembali didapat Manchester City di Liga Inggris 201/2017. Hasil buruk terkini didapat saat mereka kalah empat gol tanpa balas dari Everton pada pekan ke-21 di Goodison Park, Minggu (15/1/2017).

Kekalahan tersebut membuat City gagal merebut posisi ketiga klasemen. Dengan koleksi 42 poin, City tertahan di posisi kelima dan terpaut dua angka dari Arsenal dan Liverpool. Total, sudah lima kekalahan yang didapat City di Liga Inggris musim ini.

Di babak pertama, penguasaan bola mutlak jadi milik The Citizens. Namun, Everton yang lebih dulu mengancam gawang City. Bahkan, mereka membuat gawang Claudio Bravo bergetar di menit 10 lewat Kevin Mirallas. Sayang, wasit Mark Clattenburg menganulir gol tersebut karena Seamus Coleman terlebih dulu dalam posisi offside.

Setelah momen tersebut, giliran City yang mulai memborbardir pertahanan The Toffess lewat serangannya. Salah satunya adalah peluang yang didapat Silva di menit ke-28. Lolos dari jebakan offside dan tinggal berhadapan dengan kiper Joel Robles, Silva malah gagal menceploskan bola.

Memasuki menit ke-34, City malah mendapatkan petaka. Memanfaatkan umpan Mirallas, Lukaku sukses mencatatkan namanya di papan skor meski hanya dengan satu sentuhan. Itu menjadi gol ke-12 Lukaku di Liga Inggris musim ini.

Di sisa waktu babak pertama, City masih berupaya untuk menyamakan skor. Aguero sempat nyaris menciptakan gol penyeimbang di menit ke-38. Sayang, ia sedikit terlambat saat akan menyambar umpan silang mendatar De Bruyne. Hingga babak pertama berakhir, tak ada gol tambahan yang tercipta.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Babak Kedua

Tertinggal 0-1, Guardiola belum mau melakukan perubahan di babak kedua. Sialnya, tim tamu malah kembali mendapat kejutan saat babak kedua baru berjalan dua menit. Adalah Kevin Mirallas yang menjebol gawang Bravo.

Selebrasi Romelu Lukaku usai membawa Everton unggul 1-0 atas Manchester City. (Peter Byrne/PA via AP)

Berawal dari Yaya Toure yang kehilangan bola, Lukaku mencoba untuk mengirimkan bola kepada Mirallas. Namun, operan tersebut bisa dipotong John Stones sebelum akhirnya kembali ke kaki Ross Barkley. Berkat assist Barkley ini Mirallas membawa Everton unggul 2-0.

Setelah unggul 2-0, Everton terlihat tak berniat untuk menambah keunggulan. Pasalnya, mereka justru semakin fokus dalam merapatkan barisan.  Akibat situasi itu, City pun coba mengandalkan umpan silang. Salah satunya adalah umpan yang dilepaskan Bacary Sagna ke arah Aguero di menit ke-59. Sial bagi City, Ramiro Funes Mori masih sigap untuk mengamankan bola.

Saat sedang berjuang untuk memecahkan kebuntuan, The Citizens justru harus kembali mendapatkan pertaka di menit ke-79. Berawal dari serangan balik cepat yang dipimpin Tom Davies sendiri, ia sukses memaksimalkan kombinasinya dengan Barkley untuk mencetak gol.

Di menit ke-85, Everton malah nyaris memperbesar keunggulan menjadi 4-0 setelah bekerja sama dengan Barkley. Namun, tendangannya masih menyamping di sisi kiri gawang Bravo.

Saat laga sudah memasuki masa injury time, Everton akhirnya sukses menambah keunggulan. Adalah Ademola Lookman yang mencetak gol keempat Everton. Sekadar catatan, Lookman, 18, adalah pemain yang baru melakoni debutnya di Liga Inggris.

Susunan Pemain:

Everton: Joel Robles; Baines, Coleman, Williams, Funes Mori, Holgate, Barry (McCarthy 74), Barkley (Barkley 90), Davies, Mirallas (Schneiderlin 65), Lukaku.

City: Bravo; Sagna, Clichy, Zabaleta (Iheanacho 62), Otamendi, Stones, Silva, Yaya Toure, De Bruyne, Sterling, Aguero.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini