Sukses

Liverpool Frustrasi dengan FIFA Terkait Pemain Ini

Liverpool tidak bisa menurunkan Matip karena kasus dengan Timnas Kamerun

Liputan6.com, Liverpool - Liverpool hanya mampu membawa pulang satu poin setelah mengimbangi Manchester United 1-1 di Old Trafford, Minggu (15/1/2017). Hasil itu jelas menghambat upaya The Reds memenangkan gelar Liga Inggris musim ini.

Tapi, bukan skor yang membuat pelatih Liverpool Jurgen Klopp kesal. Nakhoda asal Jerman tersebut juga frustasi melihat situasi Joel Matip.

Mantan pemain Schalke 04 itu sebenarnya bisa bermain dalam laga krusial itu. Namun, Matip gagal tampil karena persoalannya dengan izin FIFA dan Timnas Kamerun.

Matip diketahui sudah mengundurkan diri dari tugas membela negara sejak September 2015. Tapi, Kamerun mencoba untuk memanggilnya kembali bulan ini untuk Piala Afrika 2017. Pada akhinya, The Indomitable Lions akhirnya tidak memasukkan Matip pada skuat turnamen.

Sayang, Federasi Sepak Bola Kamerun (FCF) gagal mengonfirmasi absennya Matip di Piala Afrika. Liverpool pun telah meminta klarifikasi dari FIFA mengenai masalah ini. Namun, badan sepak bola dunia tersebut tidak memberi jawaban hingga tenggat waktu pendaftaran pemain untuk laga melawan MU.

“Klub melakukan segala sesuatu yang harus kami lakukan untuk membuat situasi jelas. Sayang sampai saat ini kami tidak bisa mendapatkan respons,” kata Klopp.

“Jujur saja, ini sulit dan cukup membuat frustasi. Dia sudah berlatih selama lima hari dan siap menghadapi MU. Jadi, saya berpikir kondisi ini kurang adil. Kami tidak bisa berbuat lebih banyak dan masih menunggu keputusan. Kami tidak bisa mengambil risiko,” tambahnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kurangi Kekuatan Skuat

Liverpool percaya Matip telah mengikuti semua prosedur yang benar dan berharap FIFA segera memberi jawaban. Sebab, jadwal The Reds pada bulan ini masih padat. Mereka harus bermain di tiga kompetisi berbeda yakni, Liga Inggris, Piala FA, dan Piala Liga Inggris.

“Kami perlu secepatnya mendapatkan jawaban. Semoga kejelasan sudah ada karena kami kembali bertanding (replay babak ketiga Piala FA melawan Plymouth) Rabu (18/1/2017). Lalu ada pula pertandingan lainnya. Kami tidak bisa menunggu selamanya,” Klopp menuturkan.

Wajar apabila Klopp pusing dengan masalah ini. Pasalnya, apabila FCF tidak menjelaskan situasi Matip ke FIFA, pemain yang bersangkutan bisa dikenai hukuman.

Liverpool bukan satu-satunya klub Inggris yang terkena masalah ini. West Bromwich Albion menghadapi situasi yang sama terkait Allan Nyom. “Sepertinya masalah ini menjadi umum. Kami bukan satu-satunya tim yang merasakannya,” ucap Klopp. (Raden Arya Prasetya)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana
    Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana

    Liverpool

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris

  • Juergen Klopp

Video Terkini