Sukses

Lee Chong Wei Bakal Gantung Raket Bulan Agustus?

Pebulutangkis terbaik Malaysia, Lee Chong Wei sudah memirkan untuk pensiun.

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Pebulutangkis terbaik Malaysia, Lee Chong Wei sudah memirkan untuk pensiun. Keputusan ini dibuat pria berusia 35 tahun tersebut setelah gagal meraih medali emas di Olimpiade 2016.

Pelatih Lee Chong Wei, Hendrawan mengatakan kalau anak asuhnya itu mulai berpikir untuk menggantungkan raketnya. Namun, Chong Wei masih berhasrat meraih kemenangan di Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis yang berlangsung di Glasgow, Skotlandia, Agustus mendatang.

"Jujur saya katakan, dia sudah berpikir untuk pensiun. Dia pernah bertanya alasan saya pensiun. Saya memberikan jawaban kepadanya kalau saya pensiun karena cedera," kata Hendrawan, dikutip dari Utusan.

"Yang penting, dia masih berniat main di Kejuaraan Dunia. Saya rasa hasil yang terjadi di Kejuaraan Dunia bakal menentukan masa depannya," ujarnya menambahkan.

Hendrawan mengaku sempat memotivasi Chong Wei agar tidak memutuskan untuk pensiun lebih cepat. Menurutnya Chong Wei masih bisa tampil di Olimpiade 2020 yang digelar di Tokyo, Jepang.

"Saya ingatkan kepada Lee Chong Wei untuk fokus ke Kejuaraan Dunia dulu. Bila berhasil jadi juara, saya tidak ragu kalau dia bisa tampil di Olimpiade," ucapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Didukung Menpora

Sementara itu, Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia, Khairy Jamaluddin tidak bakal melarang Chong Wei untuk pensiun.  Khairy malah bersyukur bila Chong Wei mengambil keputusan tersebut.

"Saya rasa tidak adil kalau kita menahan dia pensiun dan menyuruhnya untuk meneruskan perjuangan karena tidak ada pengganti," katanya.

"Lee Chong Wei pensiun atau tetap bermain, kami akan tetap membangun generasi baru. Kami masih punya Iskandar Zulkarnain Zainuddin, Zulfadli Zulkiffli atau sesiapa pun itu. Saya yakin mereka bisa lebih baik," ucap Khairy mengakhiri.

Lee Chong Wei merupakan pebulutangkis terbaik Malaysia. Sayangnya, dia belum pernah meraih medali emas Olimpiade, meski sudah tiga kali mengikutinya. Chong Wei hanya meraih tiga medali emas.

Dia juga belum pernah memenangkan Kejuaraan Dunia bulu tangkis dalam empat gelaran yang diikutinya. Chong Wei hanya meraih tiga medali perah dan satu medali perunggu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini