Sukses

4 Tim Spesialis Kemenangan Tipis

Atletico Madrid paling sering meraih 1-0.

Liputan6.com, Madrid - Atletico Madrid tidak seperti tim lain. Jika mayoritas tim tidak mementingkan skor asalkan meraih kemenangan, Atletico terkesan memburu 1-0. 

Sejak ditangani Diego Simeone, hasil tersebut seakan menjadi kewajiban. Terbukti, Atletico menjadi tim yang paling sering memetik skor tersebut sejak ditangani nakhoda asal Argentina itu.

Atletico tercatat meraih 49 kemenangan 1-0 begitu Simeone tiba, Januari 2012. Jumlah tersebut jauh mengungguli rival domestik. Barcelona cuma meraihnya 17 kali, dengan Real Madrid melakkukannya pada 16 kesempatan.

Prioritas terhadap hasil ketimbang pesta gol tersebut membuat produktivitas Atletico tidak terlalu tinggi. Ketika Barcelona dan Madrid mencetak lebih dari 100 gol pada La Liga 2012-2013, mereka cuma menorehkan 65 gol.

Atletico juga cuma menciptakan 77 gol ketika menduduki takhta Negeri Matador 2013-2014. Padahal kesuburan dua pesaing terbesar mereka kembali mencapai tiga dijit.

Siapa saja tim yang paling sering meraih kemenangan 1-0? Berikut empat nama yang paling mencolok.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Atletico Madrid

Radamel Falcao enam kali mencetak gol tunggal kemenangan Atletico Madrid. (Sentimiento)

Kemenangan 1-0 Atletico terjadi di banyak ajang. Sebanyak 30 hadir di La Liga, delapan di Liga Champions, lima di Liga Europa, tiga di Copa del Rey, dan satu di Piala Super Spanyol. Sebanyak enam di antaranya diraih musim ini.

Atletico menaklukkan 34 tim dengan skor tersebut. Espanyol merasakannya paling banyak yakni di empat kesempatan. Madrid dan Villarreal mengikuti dengan masing-masing mengalami tiga kali.

Dua nama mencuat sebagai pencetak gol tunggal Atletico. Antoine Griezmann dan Radamel Falcao masing-masing melakukannya enam kali.

3 dari 5 halaman

Juventus

Juventus merupakan spesialis kemenangan 1-0 di Italia. (EPA/Alessandro Di Marco)

Pesaing terdekat Atletico dengan torehan 40 kemenangan 1-0. Seperti Atletico, Juventus memetik 30 kemenangan di pentas liga.

Sedangkan masing-masing empat hasil 1-0 diraih di Liga Champions dan Coppa Italia, serta dua sisanya hadir di Liga Europa.

Hasil 1-0 membuat Juventus meraih prestasi. Mereka menjuarai Coppa Italia 2015-2016 dengan skor itu melalui gol tunggal Alvaro Morata.

4 dari 5 halaman

Athletic Bilbao

Athletic Bilbao meraih 33 kemenangan 1-0. (AFP/Ander Gillenea)

Bilbao merasakan hasil 1-0 sebanyak 33 kali dalam periode sama. Klub Basque tersebut melakukannya 23 kali di La Liga, lima di Liga Europa, empat di Copa del Rey, dan satu di Liga Champions.

Mereka meraih beberapa kemenangan prestius dengan skor 1-0. Salah satunya ketika menumbangkan Barcelona di La Liga, Desember 2013. Bilbao juga menumbangkan Madrid lewat hasil serupa, Maret 2015.

5 dari 5 halaman

Saint-Etienne

Bintang Saint-Etienne Florentin Pogba. (Sky Sports)

Saint-Etienne membukukan 29 kemenangan 1-0. Sebanyak 22 di antaranya hadir di Liga Prancis, lima lainnya di Liga Europa, serta masing-masing satu di Piala Prancis dan Piala Liga Prancis.

Hasil 1-0 cukup membantu Saint-Etienne mengatasi fluktuasi persaingan di Negeri Anggur. Mereka acap menembus papan atas dan merebut tiket kompetisi Eropa.

Musim ini, dua kemenangan 1-0 membawa Saint-Etienne menembus babak 32 besar Liga Europa. Mereka dijadwalkan bertemu raksasa Inggris Manchester United.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.