Sukses

Fokus Kompetisi, Persiba Enggan Ikut Piala Presiden 2017?

Pelatih Persiba Balikpapan masih dalam 20 daftar tim yang akan tampil di Piala Presiden 2017.

Liputan6.com, Jakarta Persiba Balikpapan dipastikan absen dalam berbagai ajang turnamen pramusim. Tim Beruang Madu sedang mempersiapkan tim guna menyongsong kompetisi Liga Super Indonesia 2017. Padahal Ferbuari nanti, PSSI berniat menggelar turnamen Piala Presiden 2017.

Turnamen ini rencananya akan diikuti oleh 20 peserta, termasuk Persiba. Selain tim-tim yang akan berlaga di Liga Super Indonesia (ISL) musim ini, dua tim asal Divisi Utama PSCS Cilacap dan PSS Sleman bakal ikut ambil bagian pada Piala Presiden 2017.

Selain Piala Presiden, sejumlah turnamen pemanasan juga biasanya bakal berlangsung di sejumlah daerah.

"Kami belum bisa ikut turnamen pramusim saat ini,” kata Pelatih Persiba, Timo Scheunemann, Selasa (17/1/2017).

Timo mengatakan Persiba sedang berkonsentrasi dalam proses seleksi dan latihan para pemain barunya. Persiba memang dipastikan tidak menggunakan sejumlah pemain pilarnya seperti Matsunaga Shoehi, Antonio Teles, , Maycon Calijuri, Dirkir Khon Glay hingga Abdul Aziz. Persiba sepertinya hanya mempertahankan skuad lokal  seperti Heri Susanto, Absor Fauzi, Abdul Rahman, Asnawi Mangkualam Bahar dan Kurniawan Kartika Aji.  Muka muka lama ini akan dikombinasikan pemain baru racikan pelatih anyar Timo.

"Apalagi dengan kondisi tim yang baru mau seleksi dan latihan, kita kan banyak pemain baru, semua butuh waktu untuk membentuk tim menjadi solid,” ungkap Timo.

Timo mengaku hendak menjalin kekompakan seluruh pemain selama tiga bulan ke depan. Secara khusus pelatih asal Jerman ini meminta pengurus tidak mengganggu konsentrasi pemain selama berlatih.

Awal bulan Maret nanti, Timo baru mempertimbangkan keikutsertaan Persiba dalam berbagai ajang turnamen pramusim. Menurutnya timnya juga membutuhkan mitra tanding yang sepadan guna mengevaluasi latihan sudah dijalankan.

"Awal Maret mungkin bisa dipertimbangkan," ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Strategi Dasar Sepak Bola

Persiba butuh waktu yang cukup guna menerapkan strategi dan taktik permainan pelatih.  Timo mengaku hendak menanamkan strategi dasar permainan sepak bola.

"Buat apa try out mereka belum paham cara mainnya, setelah paham cara mainnya kita mulai coba uji tanding, termasuk bisa ikut pertandingan no problem," ujarnya.

Persiba dihuni muka muka baru proses seleksi sedang dilaksanakan tim pelatih. Setidaknya 60 persen diantaranya adalah muka muka baru menggantikan pemain senior yang pindah klub. "Sebanyak 60 persen pemain baru dan banyak pemain muda yakni sekitar 10 pemain yang usia muda dan sisanya yang berpengalaman," ungkapnya. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.