Sukses

5 Alasan MU Bisa Juara Liga Inggris Musim Ini

MU tertinggal 12 poin dari Chelsea yang memuncaki klasemen Liga Inggris.

Liputan6.com, Manchester - Manchester United (MU) saat ini belum bisa menembus posisi empat besar dalam klasemen Liga Inggris. Setan Merah --julukan MU-- berada di urutan keenam dengan mengemas 40 poin.

Zlatan Ibrahimovic dan kawan-kawan tertinggal 12 angka dari Chelsea yang memuncaki klasemen Liga Inggris. Meski demikian, jarak MU dengan peringkat kedua, Tottenham Hotspur hanya terpaut lima angka.

MU memang tertinggal 12 poin, tapi tim besutan Jose Mourinho itu dinilai Sokkaa masih punya peluang menjadi juara Liga Inggris musim ini. Hal itu dikarenakan MU punya banyak kreativitas dalam hal membangun serangan.

Setan Merah tercatat sudah menciptakan 256 peluang di Liga Inggris, 25 di antaranya berhasil berbuah gol. Penguasaan bola MU pun cukup besar, yakni sekitar 55 persen.

Selain itu ada lima alasan lain yang membuat MU diyakini bisa menjuarai Liga Inggris. Apa saja itu? Simak di halaman selanjutnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Pemain Kunci

MU punya banyak pemain kunci yang bisa memenangkan Liga Inggris musim ini, seperti Zlatan Ibrahimovic, Paul Pogba, Wayne Rooney, Henrikh Mkhitaryan, Ander Herrera, Juan Mata dan David De Gea. Tujuh pemain itu punya kualitas dunia.

Pogba menjadi pemain paling kreatif Setan Merah. Pogba sudah menciptakan 37 peluang di kotak penalti lawan, tiga di antaranya berhasil menjadi gol. Sedangkan Ibrahimovic menjadi mesin gol MU dengan raihan 14 gol di Liga Inggris.

Juan Mata menjadi pengumpan terbaik. Tercatat, ada 576 umpan Mata yang berhasil mengarah ke gawang lawan dengan tingkat keberhasilan sebesar 91 persen.

Selain itu, MU juga punya pemain muda yang menjanjikan, seperti Marcus Rashford, Jesse Lingard, Anthony Martial, dan Eric Bailly. Manajer MU, Jose Mourinho hanya membutuhkan taktik yang tepat untk mengejar selisih poin dengan Chelsea.

3 dari 6 halaman

2. Jose Mourinho Menang Bersama Tim yang Dibelanya

Jose Mourinho merupakan salah satu manajer terbaik dunia. Dia pernah melatih klub-klub top Eropa, seperti Porto, Chelsea, Inter Milan, dan Real Madrid. Mourinho belum pernah gagal mempersembahkan gelar untuk timnya.

Pria berusia 53 tahun tersebut memenangkan dua gelar Liga Portugal dan satu trofi Liga Champions bersama Porto. Mou juga memenangkan trebel winners pada 2010 saat masih menakhodai Inter Milan.

Mourinho juga meraih gelar Liga Inggris saat masih bersama Chelsea. Dia juga memenangkan Liga Spanyol bersama Real Madrid pada 2010. Pelatih asal Portugal itu sudah meraih satu gelar untuk MU, yakni FA Community Shield. Kini peluang Mourinho meraih gelar Liga Inggris bersama MU masih terbuka.

4 dari 6 halaman

3. Tersisa 51 Poin

Liga Inggris sudah memainkan 21 pertandingan. Chelsea melaju sendirian di puncak klasemen dengan mengoleksi 52 poin. MU tertinggal 12 poin dari Chelsea, jarak yang bisa dikatakan sangat jauh.

Tapi, jangan sebut MU sudah keluar dari perburuan gelar juara. Masih ada 17 pertandingan dan 51 poin yang bisa dimenangkan.

Wayne Rooney dan kawan-kawan juga masih memiliki delapan pertandingan di Old Trafford Stadium. Setan Merah diprediksi bisa mengamankan 22 poin di laga kandang.

5 dari 6 halaman

4. Laga Tandang Terbilang 'Gampang'

Ada sembilan partai tandang tersisa yang dimiliki MU pada ajang Liga Inggris. Hanya ada tiga laga tandang yang kemungkinan bakal menguras tenaga Setan Merah.

Ketiga laga tersebut, yakni menghadapi Manchester City di Etihad Stadium (26/2/20167, melawan Arsenal di Emirates Stadium (6 Mei 2017), dan Tottenham Hotspur di White Hart Lane (13/5/2017).

Setan Merah sendiri punya catatan bagus saat berlaga di partai tandang musim ini. Dari sepuluh pertandingan laga tandang, MU meraih enam kemenangan, dua hasil imbang, dan dua kali menelan kekalahan.

6 dari 6 halaman

5. Terus Membaik

MU sempat menemui titik terparah pada musim ini setelah kalah 0-4 dari Chelsea di Stamford Bridge Stadium, 23 November 2016. Kekalahan tersebut sempat membuat MU meraih empat hasil imbang dari lima pertandingan.

Perlahan tapi pasti, Setan Merah kembali meraih hasil yang posistif. Sejak kalah dari Chelsea, MU belum pernah menelan kekalahan. Setan Merah tercatat meraih tujuh kemenangan dan lima hasil imbang.

Dengan lima alasan tersebut, MU masih punya peluang besar menjuarai Liga Inggris meski tertinggal 12 poin dari Chelsea.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • MU merupakan akronim dari Manchester United, klub yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Permier League.

    MU

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris

  • Jose Mourinho adalah pelatih kawakan yang pernah menangani sejumlah klub di liga bergengsi Eropa.
    Jose Mourinho adalah pelatih kawakan yang pernah menangani sejumlah klub di liga bergengsi Eropa.

    Jose Mourinho

Video Terkini