Sukses

Daftar 7 Klub Sepak Bola Tertua di Dunia

Klub-klub dari Inggris mendominasi daftar ini.

Liputan6.com, London - Inggris menjadi salah satu negeri di balik terciptanya olahraga bernama sepak bola. Mereka kemungkinan mulai mengembangkan dan mempertandingkannya.

Bukan tanpa sebab pula klub-klub sepak bola lahir di Inggris. Dalam daftar klub-klub tertua di dunia, sejumlah klub sepak bola Liga Inggris cukup mendominasi.

Semakin dikenalnya olahraga sepak bola membuat negara-negara lain turut membentuk klub. Turnamen mulai digelar hingga kompetisi pun akhirnya bergulir untuk mengakomodasi banyaknya klub.

Jauh sebelum masyarakat tahu Barcelona, AC Milan, atau Manchester United sekalipun, klub-klub ini ternyata sudah dibentuk. Mereka bisa dibilang masih eksis sampai saat ini.

Bahkan, di dalam daftar tersebut ada yang masih bertahan di kompetisi strata atas Liga Inggris. Siapa saja mereka?

Berikut kami sajikan daftarnya:

7. Stoke City FC, 1863

Stoke City merupakan klub yang masih eksis di Liga Inggris. Ya, mereka ternyata masuk ke dalam daftar klub tertua lantaran berdiri pada 1863.

Itu berarti Stoke kini berumur 154 tahun. Awalnya, sama seperti yang lainnya, nama mereka adalah Stoke Ramblers FC. Mereka debut di Liga Inggris pada musim 2006-2007, dan bertahan hingga musim ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Notts County, 1862

6. Notts County, 1862

Publik sepak bola saat ini mungkin agak asing mendengar klub Notts County FC. Namun, ternyata mereka menjadi salah satu klub tertua di dunia.

Pada 1888, mereka jadi salah satu dari 12 yang ikut mendirikan Football League di Inggris. Prestasi terbaik Notts County adalah saat memenangi Piala FA 1894, setelah menjadi

runner-up

pada 1891.

5. Cray Wanderers FC, 1860

Satu lagi klub Inggris masuk ke daftar yang tertua di dunia. Klub ini lahir pada 1860 dan menjadi penggagas liga-liga di Inggris.

Wanderers sendiri perkembangannya cukup lambat. Mereka baru masuk kompetisi yang semiprofesional pada 1950. Saat ini, Isthmian League atau liga semipro di selatan Inggris.

3 dari 4 halaman

Hallam FC, 1860

4. Hallam FC, 1860

Awalnya, Hallam merupakan klub kriket. Namun, lama-lama berevolusi menjadi klub sepak bola dan ikut berkompetisi di berbagai ajang amatir. Mereka pertama kali tampil di ajang sepak bola amatir pada 1867.

Saat ini, Hallam menggunakan stadion kandang mereka, Stadion Sandygate. Stadion Sandygate, tercatat dalam Guinness Book of Records sebagai stadion sepak bola tertua di dunia.

3. Lima CFC, 1859

Nama Lima CFC mungkin sebuah kejutan bagi sebagian penggemar sepak bola. Namun, fakta menyebut kalau mereka merupakan klub ketiga tertua di dunia.

Lima CFC sendiri merupakan klub Peru yang dahulu sama seperti Hallam, yakni klub kriket. Tim yang berbasis di Lima tersebut saat ini bermain di Liga Lokal San Isidro. Klub ini diduga didirikan oleh pendatang Inggris pada 1959.

4 dari 4 halaman

Cambridge University AFC, 1857

2. Cambridge University AFC, 1857

Sebagian besar perguruan tinggi di Amerika Serikat, mungkin memilih untuk memiliki klub Bisbol, basket atau lainnya. Berbeda dengan Cambridge University Association Football Club merupakan Universitas Cambridge.

Klub ini didirikan pada 1857, meskipun para pejabat di universitas terkenal mengklaim bahwa klub ini didirikan tahun sebelumnya, tahun 1856. Kandang mereka adalah Stadion Grange Road yang memiliki kapasitas hanya 1.000 kursi saja.

1. Sheffield FC- 1857

Klub yang berasal dari Sheffield, South Yorkshire, Inggris ini dinobatkan sebagai klub tertua di dunia oleh FA dan FIFA. Sheffield memainkan laga pertama mereka pada 1867 lawan Hallam.

Saat ini mereka bermain di Northern Premier League Division One South, selevel dengan kasta kedelapan Liga Inggris. Sheffield pernah mendapat kehormatan dari FIFA berupa Order of Merit. Nama mereka juga masuk dalam English Football Hall of Fame.

(I. Eka Setiawan)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.