Sukses

Prediksi Ghana Vs Uganda: Ujian Perdana Black Stars

Liputan6.com, Port Gentill - Ghana

akan menghadapi Uganda dalam laga penyisihan Grup D Piala Afrika 2017. Laga akan digelar di Stade de Port-Gentil, Gabon, Selasa (17/1/2017).

Di atas kertas, Ghana diunggulkan dalam partai ini. Selain punya materi pemain yang mencukupi, mereka juga menyandang status runner up perhelatan sebelumnya.

Berbanding terbalik dengan Uganda yang baru kembali lolos ke putaran final setelah penantian panjang. Terakhir mereka mencapai putaran final sebelum ini, yakni pada 1978 silam.

Untuk lolos, Uganda juga harus bekerja keras di fase kualifikasi. Mereka melaju karena finis di posisi dua, di bawah Burkina Faso, dengan catatan empat kemenangan, satu imbang dan sekali tumbang.

Meski Uganda lawan yang mudah, namun Ghana sedang dalam tren buruk.  Tim asuhan Avram Grant itu tidak pernah menang dalam tiga laga terakhirnya.

Jelang laga, Grant sebagai pelatih coba memompa semangat para pemain Ghana. Dia juga menegaskan kedatangan The Black Stars ke Gabon kali ini adalah untuk membawa pulang gelar.

"Para pemain memperlihatkan semangat. Mereka juga memiliki kualitas mumpuni," kata Grant.

"Kami datang untuk melakukan sesuatu yang bagus. Kami bisa bilang ingin meraih kemenangan, namun bukan berpikir sudah meraihnya," ucap eks manajer Chelsea itu menambahkan.

Pada laga nanti Ghana akan mengandalkan pengalaman dua pemain senior Asamoah Gyan dan Andre Ayew. Sedangkan jagoan Uganda adalah Murushid Juuko dan Khalid Aucho.

Prakiraan susunan pemain:

Ghana:

Razak, Afful, Mensah, Rahman, Acheampong, Atsu, Agyemang-Badu, Mubarak,  Gyan, J. Ayew, A. Ayew

Uganda:

Onyango, Walusimbi, Isinde, Iguma, Ochaya,  Mawejje, Oloya, Miya, Luwagga, Massa, Sserunkuma.