Sukses

Mantan Striker Timnas Mesir Masuk Daftar Teroris

Mohamed Aboutrika, penyerang Timnas Mesir era 2000-an, diduga mendukung kelompok teroris.

Liputan6.com, Kairo - Mantan striker Timnas Mesir Mohamed Aboutrika hadir di daftar teroris terbaru. Atas keputusan ini, Aboutrika berencana mengajukan banding.

Pengadilan Kriminal Mesir memasukkan Aboutrika atas hubungannya dengan kelompok garis keras Ikhwanul Muslimin. Aparat sebelumnya sudah membekukan aset Aboutrika yang diduga memberikan dana untuk organisasi yang berdiri tahun 1928 tersebut.

"Sekitar 1.400 orang ada dalam daftar terbaru. Saya belum tahu kapan klien saya pulang ke Mesir. Namun kami berniat mengajukan keberatan," kata penasihat hukum Aboutrika, Mohamed Osman, dikutip VOA.

Aboutrika saat ini tengah menjadi komentator untuk salah satu stasiun televisi pada Piala Afrika 2017. Dia memperkuat Timnas Mesir 100 kali dan mencetak 38 gol. Capaian terbaiknya di pentas internasional adalah menjuarai Piala Afrika 2006 dan 2008.

Mesir menetapkan Ikhwanul Muslimin sebagai organisasi teroris setelah Mohamed Morsi lengser dari kursi presiden pada Juli 2013. Sejak itu aparat sudah memenjarakan ribuan pengikutnya.

Ikhwanul Muslimin baru-baru ini diduga terlibat pemberontakan di Sinai Utara, salah satu sarang kelompok militan yang menyatakan dukungan bagi ISIS. Kairo dan beberapa kota lainnya juga sempat diserang organisasi garis keras tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini