Sukses

MotoGP: Lorenzo, Rekan Setim yang Mampu Pecundangi Rossi

Di kelas MotoGP, Lorenzo satu-satunya rekan setim yang bisa kalahkan Rossi.

Liputan6.com, Tokyo - Ajang balap motor dengan nama MotoGP mulai bergulir pada 2002. Selama kiprahnya di MotoGP, Valentino Rossi berganti-ganti rekan setim.

Setidaknya enam tandem berbeda telah dimiliki oleh pembalap berjulukan The Doctor ini. Dari Tohru Ukawa, Nicky Hayden, Carlos Checa, Colin Edwards, Jorge Lorenzo, hingga tahun ini berduet dengan Maverick Vinales.

Sudah nyaris 15 tahun Rossi turun di kelas MotoGP, total enam gelar juara dunia ia rengkuh. Namun, dari lima tandem Rossi sebelumnya, hanya satu nama yang membuatnya gusar, Lorenzo.
 
Pembalap berjulukan X-Fuera ini menjadi satu-satunya rekan setim yang bisa mengalahkan Rossi. Sudah tiga kali Rossi kalah dari Lorenzo dalam persaingan sengit di kelas MotoGP.

Kekalahan pertama Rossi dari Lorenzo di MotoGP terjadi pada 2010. Kegagalan mempertahankan gelar akibat Rossi mengalami kecelakaan hebat di Sirkuit Mugello, sehingga dia harus puas finis di posisi ketiga. Lorenzo merebut juara dunia MotoGP pertamanya pada 2010.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3 Kali Kalah dari Lorenzo

Tiga tahun berselang, Lorenzo kembali mempecundangi pembalap asal Italia tersebut. Kekalahan Rossi pada 2013 ini setelah dia memutuskan kembali ke Yamaha usai dua musim buruk bersama Ducati.

Rossi sendiri pada 2013 harus puas berada di peringkat keempat, sedangkan Lorenzo di posisi kedua. Gelar juara dunia 2013 direbut Marc Marquez dari Repsol Honda.

Kemudian, pada 2015 Rossi lagi-lagi harus bertekuk lutut dari Lorenzo. Bahkan, Lorenzo menahbiskan diri sebagai juara dunia MotoGP 2015, mengalahkan Rossi yang harus puas menjadi runner up.

2015 menjadi tahun yang fenomenal sekaligus kontroversial. Perseteruan Marquez dan Rossi begitu menjadi sorotan, hingga tudingan Lorenzo dibantu pembalap berjulukan The Baby Alien itu untuk menjadi juara dunia MotoGP.  
 
Sekarang, Rossi memiliki tandem baru, Maverick Vinales, yang tahun lalu memperkuat Suzuki Ecstar. Mampukah Vinales mengulang prestasi Lorenzo, atau Rossi yang kembali dominan atas rekan setimnya?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini