Sukses

Van Gaal: Tekanan di MU Tidak Manusiawi

Van Gaal melatih MU selama dua tahun. Ia sukses menyumbangkan gelar Piala FA di tahun terakhirnya.

Liputan6.com, Manchester - Manajer legendaris asal Belanda Louis van Gaal mengklaim tekanan yang ia rasakan di Manchester United (MU) tidak manusiawi. Menurut Van Gaal, apa yang dilakukan media-media Inggris sangat berlebihan.

Van Gaal melatih MU selama dua tahun. Ia sukses menyumbangkan gelar Piala FA di tahun terakhirnya.

"Memenangi Piala FA dengan MU adalah prestasi terbesar saya," kata Van Gaal kepada De Telegraaf.

"Saya menghabiskan enam bulan terakhir dari waktu saya di sana dengan kerja keras dan penuh kritikan. Media Inggris bertanggung jawab untuk itu."

"Tekanannya tidak manusiawi. Saya harus tetap setia pada filosofi saya dan terus memotivasi pemain. Ketika Anda masih bisa memenangi Piala FA di bawah tekanan seperti itu, Anda bangga akan hal tersebut," kata dia.

Van Gaal sebenarnya punya segudang prestasi. Ia juara La Liga bersama Barcelona, Bundesliga bersama Bayern Munich, Liga Belanda bersama Ajax Amsterdam dan AZ Alkmaar. Van Gaal bahkan sukses menjuarai Liga Champions bersama Ajax.

Namun begitu, menjuarai Piala FA terasa paling spesial karena ia dalam tekanan yang begitu kuat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Digantikan Mourinho

"Kami kehilangan seorang pemain karena kartu merah di final dan bermain dengan 10 orang di waktu tambahan. Ini membuat Piala FA trofi yang fantastis bagi saya. Kami menghadapi begitu banyak kesulitan," Van Gaal mengakhiri.

Meski juara, Van Gaal akhirnya lengser dari kursi Manajer MU. Ia digantikan Jose Mourinho yang dulu pernah jadi asistennya di Barcelona.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • MU merupakan akronim dari Manchester United, klub yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Permier League.

    MU

  • Louis van Gaal

Video Terkini