Sukses

Perdana, Indonesia Gelar Kejuaraan Dunia Motocross MXGP

Pada ajang MXGP tahun ini, Indonesia menurunkan 8 crosser pria dan dua crosser wanita.

Liputan6.com, Jakarta Untuk kali pertama Indonesia menjadi tuan rumah bagi kejuaraan dunia motocross, MXGP. Balap motor spesialis garuk tanah bergengsi tersebut akan berlangsung di Pangkalpinang, Bangka Belitung, 4-5 Maret 2017.

Tahun ini, MXGP hanya terdiri dari tujuh seri dan Indonesia mendapat kesempatan jadi tuan rumah pada seri pembuka. Menurut perwakilan Ikatan Motor Indonesia (IMI), Sadikin Aksa, ajang ini akan berlangsung di Tanah Air hingga tiga tahun ke depan.

"Sejauh ini sudah ada 40 crosser dari 27 negara yang akan tampil di Indonesia. Tapi itu masih bisa bertambah karena pendaftaran peserta baru akan ditutup pada pertengahan Februari," kata Sadikin Aksa, di Kantor Kemenpora, Jakarta, Rabu (18/1/2017).



Sebagai tuan rumah, Indonesia akan menurunkan sepuluh crosser karena mendapat wild card. Ada delapan crosser pria di ajang MXGP, yakni Andre Sondakh (Sulawesi Utara), Mario Salontahe (Sulawesi Utara), Yosua Pattipi (Papua), M Arjun Wicaksono (Jawa Tengah), Ivan Harry Nugroho (Jawa Tengah), Asep Lukman (Jawa Tengah), Rizky Haka (Jawa Tengah), dan Aldi Lazaroni (DIY).

Selain itu, Indonesia juga menurunkan dua crosser wanita yang akan turun di MXGP, kelas MX2 woman, yakni Sheva Anella Ardiansyah (DIY) dan Suci Mulyani (Jawa Timur). Meski demikian, IMI tidak akan menargetkan apa pun kepada para pembalap.

"Ini merupakan ajang internasional pertama yang mereka ikuti. Jadi kami tidak memberikan target kepada mereka. Kami hanya meminta mereka mengambil banyak pelajaran," kata Sadikin.

Sementara itu, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi berharap Kejuaraan Motocross MXGP jadi salah satu ajang promosi wisata Pangkalpinang. Sebab, menurut Menpora, Pangkalpinang punya banyak tempat pariwisata, terutama pantai yang menjadi kebanggaan Indonesia.

"Kejuaraan  motocross dunia yang tergabung dalam MXGP adalah kejuaraan resmi yang diakui oleh FIM (Federation of International Motorcycling). Kejuaraan ini adalah kejuaraan Motocross tertinggi di dunia. Atau dengan kata lain, MXGP adalah Moto GP-nya di kejuaraan dunia motocross, Ini adalah peluang sekaligus tantangan bagi kita semua," kata Imam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini