Sukses

Soal Rencana PSSI Naturalisasi Pemain, Ini Tanggapan Menpora

Menpora mendukung langkah PSSI menaturalisasi pemain asing.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi mendukung program PSSI yang berniat menaturalisasi pemain berdarah Indonesia. Dia menyebut hal itu bukan untuk menyingkirkan bintang sepak bola lokal.

Belum lama ini, PSSI mengaku sudah menuntaskan proses naturalisasi Ezra Walian. Pemain akademi Ajax Amsterdam itu diproyeksikan bakal masuk dalam Timnas Indonesia di ajang SEA Games 2017.

Sebelum Ezra, PSSI sudah menaturalisai Stefano Lilipaly yang mempunyai darah Maluku. Lilipaly malah sudah bermain untuk Timnas Indonesia di ajang Piala AFF 2016.

Banyaknya pemain naturalisasi tidak membuat Menpora berpikir kalau PSSI bakal menyingkirkan bintang lokal. Imam yakin ada rencana besar yang sedang dilakukan PSSI untuk kemajuan sepak bola Indonesia.

"Oh tidak juga. Sebab, nanti di lihat dulu tempatnya kalau memang mereka dibutuhkan ya nanti mereka bisa dipanggil. Tapi yang jelas jangan sia-siakan potensi pemain yang ada di luar negeri," kata Imam di Kantor Kemenpora, Rabu (17/1/2017).

Naturalisasi pemain bukan hal baru di Indonesia. Pertama kali naturalisasi pemain dilakukan PSSI pada 2010. Beberapa pemain asing yang sudah dinaturalisasi, yakni Cristian Gonzales, Victor Igbonefo, Pierre Bio Paulin, dan Greg Nwokolo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.