Sukses

Begini Bocoran Motor Anyar Rossi dan Vinales di MotoGP 2017

Yamaha jelaskan perbedaan motor anyar Rossi dan Vinales di MotoGP 2017 dengan musim lalu.

Liputan6.com, Madrid - Salah satu tim mekanik Yamaha membocorkan detail motor yang bakal dipakai Valentino Rossi dan Maverick Vinales di MotoGP 2017. Sebelum diperkenalkan hari ini di Madrid, seorang sumber di Yamaha membeberkan bagaiana bentuk motor anyar tersebut.

Dia mengatakan motor YZR M1 tak akan mengalami perubahan yang radikal, meski awalnya digadang-gadang seperti itu. Direktur Teknik Yamaha, Massimo Meregali sempat gembar-gembor motor anyar di MotoGP 2017 bakal revolusioner sehingga lebih lambat diperkenalkan ke publik.

Tapi faktanya, 15 hari jelang tes pramusim di Sepang, perbedaan motor anyar dengan motor musim lalu ternyata tidak terlalu signifikan. Motor anyar yang dipakai Rossi ternyata berpatokan kepada motor 2016.

"Pada akhirnya, jika motor tidak banyak masalah, pabrikan bakal mengubah banyak hal tapi tidak mengubah filosofi motor," ujar seorang sumber di Yamaha seperti dilansir Motorsport.

"Secara umum, motor 2017 sama dengan 2016. Sasis, swing arm, mesin, suspensi memang berbeda, tapi tak mengubah filosofi 2016."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tes di Valencia

Sumber itu mengatakan, beberapa suku cadang sudah diuji sejak tes paska musim di Valencia. Meski itu bukan suku cadang yang dipakai untuk motor anyar sekarang.

"Di Valencia, beberapa hal baru sudah dites. Tapi itu bukan untuk desain akhir motor 2017 dan itu bukan yang akan kita lihat di Sepang," ujar sumber tersebut.

"Di Valencia, kami gunakan motor prototipe dengan gunakan data 2016, plus data di tes privat November. Meski begitu, motor bakal terus berubah hingga tes pramusim di Philip Island."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini