Sukses

Tonton Seleksi Pemain, Fans Persiba Serbu Stadion Parikesit

Mereka sangat antusias menyaksikan seleksi pemain Persiba yang dipimpin Timo Scheunemann

Liputan6.com, Balikpapan - Warga Balikpapan Kalimantan Timur menyambut antusias seleksi pemain Persiba Balikpapan menyambut kompetisi Liga Super Indonesia 2017. Pendukung tim ‘Beruang Madu’ selalu memadati proses latihan tim yang dilaksanakan di Stadion Parikesit Balikpapan.

“Memang beginilah warga Balikpapan mendukung 100 persen timnya,” kata Pelatih Persiba, Timo Scheunemann, Jumat (20/1).

Pelatih kebangsaan Jerman ini berulang kali melayani sesi foto bersama diminta para pendukung Persiba. Sabar pula membubuhkan tanda tangan sesuai permintaan penggemar.

Pantauan Liputan6.com, setidaknya terdapat 200 pendukung Persiba yang memadati sesi seleksi pemain Persiba. Mayoritas di antaranya penasaran akan nasib 14 pemain lokal yang sedang mengikuti proses seleksi Persiba.

Seleksi tim Persiba diikuti sebanyak 14 orang pemain lokal yang bermain di sejumlah tim di Indonesia. Para pelatih tim langsung memberikan porsi latihan berat guna mengetes kemampuan fisik stamina dan skill permainannya.

Sementara ini, Timo masih memaklumi saat peserta seleksi terlihat lemas dan kurang semangat. Selama sepekan ke depan, ia meminta seluruh peserta seleksi memberikan permainan terbaiknya agar masuk di tim Persiba. Persiba menargetkan proses seleksi pemain lokal dilaksanakan sepekan kedepan. Tim seleksi akan memilih pemain sesuai kebutuhan tim Persiba.

“Minggu depan sudah ada putusan, siapa yang akan dikontrak,” paparnya.

Selanjutnya, Timo mengaku akan memfokuskan perhatiannya guna menseleksi nama nama pemain asing dan Asia. Persiba masih membuka seleksi pemain asing untuk posisi bek tengah dan gelandang serangnya.

“Hanya pemain asing saja yang masih dibuka. Mayoritas pemain lokal punya kemampuan cukup menggembirakan,” ujarnya.
Pelatih Persiba Balikpapan, Timo Scheunemann (Liputan6.com / Abelda Gunawan)
Persiba kemudian akan memompa skill dan taktik permainan jelang digulirkannya Liga Super Indonesia pada Maret nanti. Mereka juga akan mencoba sejumlah uji coba pertandingan pramusim menghadapi tim tim lain.

Proses seleksi ini diikuti para pemain muda yang berdatangan dari Sabang sampai Merauke. Terlihat muka muka baru pemain sepak bola yang sempat merumput turnamen PON hingga tim nasional junior usia 19 hingga 23 tahun.

“Paling penting kita akan seleksi secara fair, tidak ada kepentingan apapun, siapapun. Kita akan lihat siapa yang layak nanti perkuat Persiba. Kami juga minta pemain bersaing secara sehat, tidak perlu ada trik, karena kami akan tahu,” ujarnya.

Para pemain muda tersebut di antaranya Yudi Khoeruddin, Bryan Cesar, Ridho, Kevin Scheunemann, Roby, Dedi Harianto, Tamzil Wijaya, Abdul Manan, Geri Setia, Faria Rovanda, Strecko Mitrovic dan Adimar.

Selain itu ada pula Ardi Yanuar, Sanjaya Ibrahim, Mikael Jaksen dan Andre Dio. Mereka ini sempat memperkuat tim Kaltim yang ikut dalam turnamen PON Jawa Barat, PS Cilegon dan PS Tuban, Liga Austria

Selain itu, ada sejumlah muka lama  yang mengantongi pra kontrak Persiba yakni Kurniawan Kartika Ajie, Yoewanto Setya Benny, Iqbal Samad, Absor Fauzi, Fenky Turnando, Abdul Rahman, Heri Susanto, Gidion Victo Wai, Meikior Leideker Majefat, Siswanto dan Marlon da Silva. Mereka selangkah lagi akan memperoleh kontrak permanen bersama Persiba dalam kompetisi Liga Super Indonesia.

“Mereka sudah tidak lagi menjalani proses seleksi. Ada dua pemain yang memutuskan hengkang, namun bukan jadi masalah,” tuturnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.