Sukses

Luis Milla Bakal Temui Pelatih-Pelatih di Indonesia

Timnas Indonesia akan ditangani Luis Milla selama dua tahun ke depan.

Liputan6.com, Jakarta - Meski menyandang nama besar, pengetahuan Luis Milla soal Timnas Indonesia terbilang masih minim. Menanggapi kekurangannya itu, ia pun akan mencoba untuk lebih aktif dalam menggali informasi.

Jumat (20/1/2017), PSSI meresmikan Luis Milla sebagai pelatih Timnas Indonesia di Grand Rubina, Jakarta. Ia akan bekerja sebagai pelatih tim Merah Putih dengan durasi kontrak dua tahun. Targetnya adalah membawa Timnas Indonesia juara SEA Games 2017 dan menembus 4 Besar Asian Games 2018.

Milla pun akan mulai bekerja sejak 8 Februari 2017. Sabtu (21/1/2017), ia akan terlebih dulu pulang ke Spanyol dan kembali ke Indonesia pada 31 Januari 2017. Saat kembali, ia sudah membawa program latihan yang akan digunakan dalam tujuh bulan ke depan.

"Idenya adalah menemui semua pelatih yang ada di Indonesia untuk mendapatkan semua informasi yang dibutuhkan soal sepak bola Indonesia. Saya akan membawa dua asisten untuk mengerjakan proyek ini. Saya menyukai kerjasama kolektif untuk bisa menangani tim, terutama dengan pelatih-pelatih yang ada di awal proyek ini," kata Milla.

Luis Milla sendiri diharapkan bisa membuat reputasi Timnas Indonesia kembali disegani. Ia pun akan mencoba untuk mentransfer segala pengalaman itu kepada para pemain Timnas Indonesia hingga mencapai performa yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Optimisme Milla

Seperti diketahui, Milla bukan sosok pelatih yang asing bekerjasama dengan pemain muda. Sebagian besar pengalaman melatihnya dilewati dengan menukangi Timnas Spanyol U-19, U-20, U-21, dan U-23. Bahkan, ia mampu mempersembahkan gelar juara Piala Eropa U-21 pada 2011.

Pelatih asal Spanyol, Luis Milla Aspas (kiri) berbincang dengan Sekjen PSSI, Ade Wellington usai memberi keterangan di kantor PSSI, Jakarta, Jumat (20/1). Luis Milla resmi menukangi Timnas Indonesia. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

"Dengan proses yang sudah dicanangkan, saya yakin bisa meraih hasil terbaik bersama Timnas Indonesia. Terpenting adalah menemukan tim dengan profil usia yang sama seperti saat menangani timnas Spanyol," tutur Milla.

Sebelumnya, Danurwindo, Direktur Teknik PSSI, menyatakan, Milla akan menerapkan filosofi sepak bola menyerang Barcelona di Timnas Indonesia. Saat masih menjadi pemain, Milla sempat menimba ilmu di akademi La Masia dan tampil bersama tim utama Barcelona selama enam tahun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.