Sukses

Gerrard Kembali ke Liverpool

Gerrard menjadi staf pelatih akademi Liverpool.

Liputan6.com, Liverpool - Steven Gerrard kembali ke Liverpool. Namun, pria 36 tahun itu kembali bukan sebagai pemain, melainkan staf pelatih akademi klub yang beroperasi di komplek Kirkby.

Seperti dilansir situs resmi Liverpool, Sabtu (21/1/2017), Gerrard akan memulai perannya pada fase pengembangan profesional para bibit-bibit muda yang telah direkrut Liverpool. Sejak statusnya sebagai pemain The Reds usai, dia sering mampir di Kirkby, berkomunikasi dengan para pemain akademi sembari menempuh upaya meraih sertifikasi kepelatihan.

Bagi Gerrard, peran barunya tersebut memberikannya kesempatan mengasah kemampuan kepelatihannya di bawah bimbingan Direktur Akademi Liverpool, Alex Inglethorpe. Dia bertekad tidak hanya memberikan kontribusi nyata terhadap pengembangan bibit-bibit muda, melainkan juga memetik pelajaran dari staf-staf lain yang ada di sekelilingnya.

"Rasanya seperti menyelesaikan putaran dengan sempurna, kembali ke tempat di mana semuanya bermula. Namun, ini bukan keputusan emosional, ini soal apa yang bisa saya berikan dan kontribusikan untuk Liverpool," kata Gerrard.

"Saya rasa tak perlu menjelaskan lagi kepada orang-orang apa arti klub ini bagi saya. Namun, ketika saya tahu ada kesempatan untuk kembali bergabung, saya ingin memastikan itu adalah peran substansial, yang bisa membuat saya membantu organisasi ini."

Gerrard mengaku setelah bertemu Inglethorpe dan menyaksikan apa yang dikerjakan untuk masa depan Kirkby. Dia merasa ini pilihan yang tepat, baik baginya maupun bagi Akademi Liverpool.

"Peran ini memberikan saya peluang besar untuk belajar dan mengembangkan kemampuan sebagai pelatih, sementara di waktu bersamaan bisa membagikan pengetahuan, ide, dan pengalaman kepada para pemain muda di periode terpenting perkembangan mereka," ujar eks kapten Liverpool itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ke Liga MLS

Gerrard meninggalkan Liverpool pada Mei 2015 setelah 17 tahun mengambdi pada klub tersebut. Dia tercatat membukukan 710 penampilan dengan mencetak 186 gol.

Sebanyak sembilan gelar juara diraih Gerrard bersama Liverpool, satu di antaranya trofi Liga Champions pada 2005. Sayang, dia tidak pernah merasakan gelar juara Liga Inggris.

Gerrard kemudian hijrah ke Liga Mayor Amerika Serikat (MLS) bergabung dengan LA Galaxy. Setelah hanya satu musim, ia kemudian memutuskan gantung sepatu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana
    Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana

    Liverpool

  • Steven Gerrard adalah eks pemain sepak bola yang pernah membela beberapa klub. Kini, ia menjadi seorang pelatih di Aston Villa
    Steven Gerrard adalah eks pemain sepak bola yang pernah membela beberapa klub. Kini, ia menjadi seorang pelatih di Aston Villa

    Steven Gerrard